Mahasiswa USM Ciptakan Listrik

MAKIN menipisnya sumber daya minyak bumi untuk mem­produksi listrik, mendorong Nur Hidayat meneliti lebih jauh fenomena lumpur menyembur di Desa Kuwu, Kecamatan Kra­denan, Grobogan, Jawa Tengah. Benar saja, instingnya itu menuntunnya kepada temuan mutakhir, yakni penciptaan energi listrik bertenaga lumpur.

Nur merupakan mahasiswa semester tujuh Teknik Elektro Universitas Semarang (USM). Dia baru saja merampungkan pene­litiannya selama sebulan, menga­nalisa kandungan di dalam lum­pur yang ia ambil dari lokasi bernama Bleduk Kuwu itu.

”Karena awalnya melihat warga desa Kuwu meman­faatkan lumpur jadi garam. Maka saya tertarik kenapa tidak dicoba saja garam yang sifatnya penghantar tegangan listrik ini,” kata Nur di Audi­torium Kampus USM.

Karena, kata Nur, selain endapan garam, lumpur tadi ternyata juga mengandung magnesium, tembaga, seng, besi, dan alumunium. “Ka­darnya cukup tinggi sebagai energi pembangkit listrik,” sambung remaja asal Pati kelahiran 22 tahun silam itu.

Kendati demikian, untuk men-dapatkan menciptakan energi listrik, harus dibuatkan panel berangkai seri terlebih dahulu. Memanfaatkan puluhan potong pipa diameter 3 cm. Dijadikan satu dan diberi penghantar di tiap ujungnya. Bentuknya, lebih mirip sebuah dinamit.

Tentunya, di dalam tiap pralon itu, ia isi beberapa liter lumpur tadi sebagai sumber energi listrik. “Tapi ada kendala di sini, karena kalau lumpur itu cair kan jadinya kalau goyang penghantarnya bisa bersentu­han, drop tegangannya. Jadi pakainya lumpur kering, kita kasih air, dia akan konstan, tak akan goyah,” tambahnya.

Setelah utak-atik cukup lama, ia pun memperagakan ki­nerja panel bikinannya itu. Dimulai dari mengukur te­gangan, dimana per pipa be­risi lumpur atau ia sebut sel, bisa mencapai 0.80 mini am­pere. ”Maka dikalikan saja itu, ada 27 sel per panelnya. Jadi total berapa. Arusnya DC (di­rect current),” sambungnya.

Tak lama kemudian, ia sam­bungkan panel tadi ke sam­bungan kabel lampu 12 watt yang telah ia bawa sebelum­nya. Terbukti, penelitiannya bukan bohong belaka. Lum­pur Bleduk Kuwu bisa mem­buat lampu itu menyala terang.

Tinggalkan Balasan