Dispusip Luncurkan Inovasi Lembur Perpustakaan

BANDUNG– Dalam rangkaian Hari Jadi Kota Bandung ke-208 di tahun ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung akan meluncurkan Inovasi Lembur Perpustakaan sebagai Akselerasi dari Inovasi ”Gemas” (Gerakan Maca Sauyunan), sebagai salah satu pengembangan sumberdaya perpustakaan untuk mendongkrak indeks baca di Kota Bandung.

dispusip3
TENGAH MEMBACA: Para siswa terlihat fokus membaca buku yang disediakan oleh Dispusip Kota Bandung

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung, Maryun Sastrakusuma mengungkapkan, dalam rangka pengembangan sumberdaya perpustakaan Dispusip Kota Bandung telah menggulirkan inovasi ”Lembur Perpustakaan” yang telah digagas sejak tahun 2017.

Sebagai pengembangan dari inovasi ”Gemas”, Dispusip menggiatkan sosialisasi dan promosi pembudayaan kegemaran membaca melalui roadshow ke setiap kelurahan dan kecamatan.

”Pada tahun 2018 telah dua kali melaksanakan kegiatan tersebut.

Pertama roadshow dengan 10 kecamatan yang dihadiri oleh Umi Oded sebagai keynote speaker bertempat di Dispusip Kota Bandung yang telah dilaksanakan pada 8 September 2018.

Kedua, roadshow dilaksanakan kembali dengan 10 kecamatan bertempat di Kecamatan Cinambo dengan menghadirkan Ketua Komisi D, Bapak Achmad Nugraha sebagai keynote speaker,” katanya.

BERBAGAI KEGIATAN : Untuk meningkatkan minat baca, Dispusip Kota Bandung melakukan berbagai kegiatan seperti sosialisasi serta roadshow ke berbagai kelurahan hingga kecamatan di Kota Bandung.

Selanjutnya, kata dia, kegiatan lain yang telah dilaksanakan dalam rangkaian Hari Jadi Kota Bandung, pada Sabtu (22/9)

telah dilaksanakan Talkshow Membangun Keluarga Cinta Buku dan Ilmu Bersama Komunitas Kebukit, Smart Reading Compaign, Relawan Literasi Indonesia dan Rumah Baca Punk Hijrah.

”Hadir sebagai peserta dari unsur guru, ibu rumah tangga dan unsur komunitas.

Pada Hari Minggunya dilanjutkan dengan gelar buku gratis yang digagas bersama rumah baca punk hijrah dan kebukit.

Serta layanan mobil perpustakaan keliling di tamantaman kota dan CFD serta ruang publik lainnya,” ungkapnya.

Sementara, kegiatan roadshow selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan Rancasari pada 26 September 2018, diikuti oleh 10 kecamatan lainnya. Rencananya akan menghadirkan Ketua Forum RW Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan