Waspadai Pohon Tumbang

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengimbau warga agar menghindari berlindung di bawah pohon saat hujan. Sebab, intensitas hujan deras dan angin kencang semakin tinggi melanda Kota Bandung.

Menurut Ferdi, hujan deras disertai angin kencang bisa mengakibatkan pohon tumbang. ” Contohnya, pohon tumbang di Jalan Bagus Rangin Sabtu (25/2) sore,” ujar Ferdi.

Pohon tersebut menimpa atap sebuah warung kosong, serta atap Taman Kanak-kanak yang tepat berada di sebrang jalan. Mendapatkan laporan tersebut petugas dari Damkar langsung turun ke lapangan untuk mengevakuasi pohon tersebut. ”Stu unit rescue peleton dua diluncurkan,” kata dia.

Hujan deras yang mengguyur beberapa hari terakhir ini menyebabkan beberapa ruas jalan di Kota Bandung dan sekitarnya sempat tergenang, seperti di jalan Layang Pasopati dan kawasan Kahatek di Kabupaten Bandung.

Bahkan dari informasi yang diperoleh, di Desa Andir, Baleendah, Kabupaten Bandung, air sudah mulai naik dan sebagian warga mulai mengungsi.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih memprakirakan hujan lebat dan petir membayangi Kota Bandung dan sekitarnya dalam beberapa hari ke depan. Begitu pun di sebagian wilayah Indonesia.

Kabag Humas BMKG Harry Tirto Jatmiko mengatakan, intensitas hujan di Jawa Barat tetap tinggi. Hal ini berpotensi menimbulkan bencana berupa genangan, banjir, tanah longsor, maupun angin kencang.

Menurut prakiraan cuaca BMKG hari ini (27/2), Kota Bandung akan mengalami cerah berawan pagi hari. Siang harinya akan terjadi hujan ringan. Kemudia, pada sore hingga malam hari diprediksi akan hujan lebat.

Tinggalkan Balasan