Baru Tahu, Ternyata Ada Dua Saat Mustajab Berdoa di Dalam Shalat

JABAR EKSPRES – Berdoa merupakan salah satu amalan ibadah yang sangat disukai Allah, karena menjadi perwujudan dari penghambaan seorang muslm. Ada dua saat yang sangat mustajab jika kita berdoa didalam waktu shalat.

Dua saat mustajab untuk berdoa dalam shalat akan dijelaskan dalam tulisan ini. Karena Shalat juga sesungguhnya sudah berisi kalimat-kalimat doa yang mungkin tidak kita sadari.

Dengan membaca doa, akan menunjukkan betapa lemahnya manusia dihadapan Allah. Karenanya jangan pernah lewatkan dua waktu tersebut.

Baca juga : 9 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Ada Jaminan Diijabah Allah

Berikut dua saat mustajab berdoa dalam shalat yang dilansir dari laman sunnahfiqih.

1. Saat Sujud

Saat sujud merupakan posisi dimana manusia merendah serendah-rendahnya dihadapan Allah. diwaktu ini ada dalil-dalil khsusus yang menganjurkan dan memerintahkannya, disunnahkan bagi orang yang shalat untuk memperpanjang sesuai dengan yang ia kehendaki.

Maka ia memohon kepada Allah Ta’ala semua kebutuhannya yang umum dan apa saja yang ia sukai dari kebaikan dunia dan akhirat.

Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

رواه مسلم (482(

“Tempat dimana seorang hamba menjadi dekat dengan Tuhannya adalah dalam kondisi bersujud, maka perbanyaklah berdoa”. (HR. Muslim: 482)

Baca juga : Kumpulan Doa Mustajab di Bulan Syawal

2. Setelah tasyahud akhir sebelum salam.

Yang kedua waktu berdoa di dalam sholat yang paling mustajab adalah setelah tasyahud akhir, ini ada dalil yang merujuk langsung pada hadits Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada mereka tasyahud lalu beliau bersabda pada akhirnya:

ثُمَّ يَتَخَيَّرُ مِنَ الْمَسْأَلَةِ مَا شَاءَ

رواه البخاري (5876) ومسلم (402(

“Kemudian ia memilih untuk memohon apa saja yang dia inginkan”. (HR. Bukhori: 5876 dan Muslim: 402)

Itulah dua saat yang sangat mustajab bagi manusia untuk berdoa di dalam  sholat, pastikan doa hanya disebutkan dalam hati tanpa mengucapkan dengan mulut, karena bisa merusak bacaan sholat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan