Wakili Jabar di Pentas Duta Bahasa Nasional 2019

Setelah melalui tahapan seleksi yang sangat ketat, Rizki Dwika Aprilian  dan Gina Maheswari Syailendra akhirnya terpilih menjadi Duta Bahasa Jawa Barat tahun 2019. Dengan keberhasilannya itu, mereka akan mewakili Jawa Barat dalam pentas pemilihan Duta Bahasa Nasional 2019. Tahun 2018 lalu,  Jawa Barat meraih prestasi gemilang di ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional setelah wakilnya saat itu, Nursidik dan Agatha, terpilih sebagai Duta Bahasa Nasional 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam seleksi tahap akhir di babak final Pemilihan Duta Bahasa Jabar 2019 yang berlangsung  Kamis, 27 Juni 2019, di Hotel El Royale Bandung, Rizki Dwika Aprilian dan Gina Maheswari Syailendra  berhasil meraih juara pertama setelah bersaing dengan 38 peserta lainnya yang lolos seleksi tahap final. Pasangan yang dalam tahap seleksi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) memperoleh predikat Sangat Unggul ini selain mendapat hadiah tropi dari Balai Bahasa Jawa Barat, juga menerima uang tunai Rp6.000.000.  Bagi Gina Maheswari, prestasi yang diraihnya itu merupakan capaian yang luar biasa karena selain sebagai peserta termuda (baru lulus dari SMA Taruna Bakti), ia juga memperoleh skor nilai tertinggi dalam Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia.

Umar Solikhan, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Jabar, mengatakan bahwa pemilihan Duta Bahasa Jabar 2019 yang bertema “Potensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional” ini di antaranya bertujuan untuk mencari tunas muda yang dapat memengaruhi masyarakat agar menggunakan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing secara proporsional. Selain itu, ajang ini diharapkan dapat membangkitkan dan  meningkatkan kesadaran generasi muda dalam mencintai bahasa Indonesia dengan keragaman bahasa daerah sebagai aset bangsa. “Acara ini diselenggarakan agar generasi muda paham terhadap keutamaan penggunaaan bahasa Indonesia dan meningkatkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia,” kata Umar Solikhan.

Di babak final yang berlangsung sangat meriah tersebut, juara II diraih oleh Refki Rizki Alfani (Politeknik Negeri Bandung) dan Eryanti Nurmala Dewi (UIN Sunan Gunung Djati), Juara III Bernhart Farras Sukandar (Facchochschule Sudwestfalen North Rhine-Westpalia) dan Intan Salindri Galiesta (Universitas Pendidikan Indonesia), Harapan I Dipa Suharto (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Nidyanthy Adillia Pratiwi (Universitas Indonesia), dan Harapan II diraih M. Dandi Sulaiman (Universitas Islam Kediri) dan Niken Khaerunnisa S. (Universitas Pendidikan Indonesia). Sementara itu, untuk kategori Duta Bahasa Media Sosial diraih oleh Rohman Hikmat (Universitas Padjajaran) dan Claudia Angel Marpaung (Universitas Udayana).

Tinggalkan Balasan