Wakili Jabar di Pentas Duta Bahasa Nasional 2019

Ade Mulyanah, Ketua Panitia Pemilihan Dubas Jabar 2019, mengatakan bahwa total pendaftar dalam pemilihan Dubas Jabar 2019 sebanyak 411 peserta yang berasal dari 26 Kota/kabupaten di Jawa Barat. Selanjutnya, dilakukan seleksi yang sangat ketat dalam tiga tahap. Di tahap I, peserta diseleksi berkas kelengkapan administrasi dan penulisan esai tentang kebahasaan untuk dipilih 150 peserta terbaik yang lolos masuk ke Seleksi Tahap II. Kemudian, ke-150 peserta ikut dalam seleksi tahap II dengan mengikuti tahapan tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Uji Kemahiran Berbahasa Asing (UKBA), menulis esai tiga bahasa (Indonesia, daerah, asing), dan wawancara untuk menentukan empat puluh orang finalis yang masuk ke babak final.

Setelah lolos ke babak final, selama dua hari, para peserta diberikan pembekalan berbagai pengetahuan tentang Internasionalisasi Bahasa Indonesia, Kebijakan Bahasa, Pengetahuan Kebahasaan,  Persepsi Pemelajar BIPA terhadap Bahasa Indonesia, dan Wicara Publik. Pembekalan tersebut perlu diberikan kepada para finalis sebagai upaya meningkatkan pengetahuan mereka sebagai calon duta bahasa.

Tahapan seleksi berikutnya adalah tahap III. Di tahap ini seluruh finalis membuat rancangan kegiatan yang mereka usulkan sebagai Duta Bahasa dan mempresentasikannya di hadapan tujuh orang juri. Krida atau kegiatan yang mereka usulkan dinilai dari beberapa aspek seperti aspek kebahasaan, substansi kegiatan, serta wicara publik saat mempresentasikannya.

Seluruh finalis juga menunjukan bakat mereka di Saung Angklung Udjo dalam tahapan seleksi “Malam Bakat”. Berbagai bakat ditunjukkan para finalis dalam tahap seleksi malam bakat, di antaranya menari, menyanyi, membaca puisi, bermain musik, berpencak silat, dan bermonolog. Setelah “Malam Bakat”, peserta mengikuti seleksi terakhir di Tahap III, yaitu babak final untuk menentukan pemenangnya.

Ade Mulyanah mengatakan bahwa tahapan seleksi dalam penilihan Dubas Jabar 2019 berlangsung cukup panjang dan sangat ketat karena tahun ini Jawa Barat ingin mengulang prestasi gemilang seperti tahun lalu di ajang pemilihan duta bahasa tingkat nasional. “Tahun, 2018 lalu, Duta Bahasa Jawa Barat meraih Juara pertama di pentas pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional. Jadi, tahun ini kami memiliki target untuk mempertahankan prestasi itu”, kata Ade. (DS).

Tinggalkan Balasan