Usai Pemilu, Utamakan Persatuan dan Kesatuan

SOREANG -Pemerintah Ka­bupaten (Pemkab) Bandung menyelenggarakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tingkat Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang M. Naser, yang bertindak selaku In­spektur Upacara mengatakan, Harkitnas merupakan moment­um yang tepat bagi bangsa Indo­nesia untuk bangkit dan bersatu.

”Tema Harkitnas ‘Bangkit untuk Bersatu’, merupakan momentum yang sangat tepat. Indonesia baru saja usai melaksanakan pemilu serentak, di berbagai daerah tentu ada beda pandangan, penda­pat dan pilihan, ini negara demo­krasi. Namun yang terpenting adalah persatuan dan kesatuan,” ungkap Dadang disela-sela ke­giatan yang berlangsung di La­pangan Upakarti Soreang tersebut, Senin (20/5).

Menurutnya, Indonesia sudah dirintis sejak jaman Palapa-nya Gajah Mada, juga pada jaman Budi Oetomo. Para pejuang telah mengorbankan harta, tenaga bahkan nyawa demi kemerdekaan bangsa.

”Di hadapan kita terbentang tantangan global. Jangan sam­pai pengorbanan para pen­dahulu kita menjadi sia-sia karena kita tidak bisa men­jaga persatuan dan kesatuan. Demi keutuhan bangsa, maka Pancasila lah yang ha­rus dikedepankan,” katanya.

Sebagai ideologi dan dasar negara, lanjut Dadang, Panca­sila harus dijadikan perilaku dan karakter bangsa Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

”Gotongroyong yang merupa­kan pengejawantahan dari sila ke-3 Pancasila, erat kaitannya dengan persatuan. Kita pasti memiliki perbedaan, seperti terkandung dalam semboyan bhinneka tunggal ika, meski berbeda-beda tapi tetap satu tujuan yaitu untuk keutuhan bangsa Indonesia,” terangnya.

Dadang berharap, Harkitnas dapat dimaknai sebagai hari untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi si­laturahmi menurut ajaran agama Islam sangat penting. Terlebih lagi, harkitnas pada tahun ini berbarengan dengan bulan suci Ramadan.

”Persatuan itu wajib hukumnya, disandingkan dengan silaturahmi. Ini bulan ramadan, bulan yang penuh rahmat dan berkah. Se­moga kita mampu memetik hik­mah bulan ramadan, di saat kita juga memperingati Harkitnas. Bangkit untuk bersatu, bersatu untuk bangkit,” tuturnya. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan