Pemilihan Duta Bahasa Jabar 2019

BALAI Bahasa Jawa Barat kembali menggelar Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2019 (Dubas Jabar 2019) untuk kategori remaja. Tujuan pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat di antaranya adalah untuk mencari tunas muda yang dapat memengaruhi masyarakat untuk menggunakan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing secara proporsional. Selain itu, ajang ini diharapkan dapat membangkitkan dan meningkatkan kesadaran generasi muda dalam mencintai bahasa Indonesia dengan keragaman bahasa daerah sebagai aset bangsa.

Pemilihan Dubas Jabar yang pada tahun ini bertema “Potensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional” merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Balai Bahasa Jabar dalam upaya menyeleksi perwakilan dari Jawa Barat yang akan diikutsertakan dalam ajang pemilihan Duta Bahasa di tingkat nasional 2019. Dalam pemilihan duta bahasa tingkat nasional tahun 2018 lalu, Agatha Lydia Natania dan Nursidik sebagai duta bahasa Jawa Barat berhasil meraih juara di tingkat nasional dan dinobatkan sebagai Duta Bahasa nasional.

Agatha Lydia Natania dan Nursidik mewakili Jawa Barat setelah memenangi pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat 2018 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Barat tahun 2018 di Hotel Prama Grand Preanger, Bandung. Dalam Pemilihan Dubas Jabar 2018, mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan terakhir di Unpar Bandung dan Uniku Kuningan tersebut menyisihkan 512 peserta lain yang berasal dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Dalam seleksi pemilihan Dubas Jabar 2019, kriteria yang harus dipenuhi peserta adalah 1) Berusia 17—25 tahun. 2) Menguasai bahasa Indonesia, salah satu bahasa daerah di Jawa Barat, dan minimal satu bahasa asing. 3) Berkepribadian baik, dan 4) Memiliki keterampilan yang dapat dipertunjukkan atau menguasai kesenian Jawa Barat.

Para Finalis Pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat Tahun 2018 yang diselenggarakan Balai Bahasa Jabar di Hotel Prama Grand Preanger, Bandung.

Sementara itu, persyaratan untuk menjadi peserta yang akan mengikuti seleksi pemilihan Dubas Jabar 2019 dilakukan dengan cara: 1. Mengisi formulir pendaftaran lengkap pada tautan bit.ly/DUBASJABAR2019. 2. Melampirkan salinan lunak/foto identitas diri (KTP/SIM/Paspor). 3. Melampirkan foto seluruh badan terbaru. 4. Membuat esai berbahasa Indonesia sebanyak 2 halaman A4, dengan ketentuan huruf Times New Roman ukuran 12, 1 spasi, dan garis tepi 3-3-3-3. Esai tersebut harus sesuai dengan tema umum: “Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Alat Diplomasi Kebahasaan di Forum Internasional”. Setelah mengisi formulir pendaftaran, semua persyaratan dikirim ke pos-el [email protected]. dengan subjek DUBAS/NAMA/INSTANSI/DOMISILI paling lambat 10 Juni 2019, pukul 23.59 WIB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan