Cerdas Menggunakan Gadget

TEKNOLOGI memang banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, bisa dibilang, manusia modern memang mulai mengalami ketergantungan dengan teknologi. Sangat banyak sisi negatif yang pada akhirnya tercipta dari teknologi. Namun, tidak sedikit juga teknologi yang sebenarnya bisa membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara menggunakannya dalam kegiatan positif.

Teknologi yang mungkin paling dekat dengan kita saat ini adalah gadget. Bisa dibilang, gadget tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Gadget merupakan perangkat elektronik yang selalu lebih cepat menyajikan teknologi terbaru dibandingkan dengan perangkat elektronik yang lain. Kini, kalangan yang menggunakan gadget semakin berkembang, tidak hanya monopoli orang dewasa saja. Anak-anak pun telah biasa menggunakannya.

Gadget sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat dunia. Bagaimana tidak, dengan memanfaatkan gadget, seseorang bisa mengakses apapun dan di manapun tanpa batas ruang dan waktu. Memang benar, penggunaan gadget dengan bijaksana akan membawa dampak yang baik dan bermanafaat. Namun terkadang, banyak pula yang menggunakan gadget secara berlebihan. Padahal, penggunaan gadget secara berlebihan akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang.

Tidak bisa dipungkiri, jika penggunaan gadget ini seperti dua mata pisau. Yang akan menyayat tajam, jika kita salah menggunakannya. Sikap yang harus diambil dalam menyikapi perkembangan zaman dan teknologi saat ini yang pacuannya sangat cepat, para remaja hendaknya mengatur waktu penggunaan gadget sebaik mungkin, dan lebih meluangkan waktu untuk berinteraksi di luar cakupan gadget, bagi setiap orang tua hendaknya mengetahui waktu yang tepat untuk mengontrol anak menggunakan gadget dan hendaknya memberikan batasan agar tidak menjadi ketergantungan yang akan mengakibatkan timbulnya masalah.

Coba kita pikirkan baik-baik, sebaiknya kita tidak perlu setiap saat memegang gadget, bukan? Lebih baik kita memanajemen waktu penggunaan perangkat elektronik kita itu dengan baik. Jadi, sebenarnya perlu ada niat yang keras untuk cerdas menggunakan gadget. Berikut tips untuk menjadi cerdas menggunakan gadget. Tips ini akan membantumu menyeimbangkan porsi penggunaan gadget dan kesehatan.

Gadget untuk mencerdaskan. Seperti namanya, smartphone seharusnya membuat penggunanya menjadi lebih smart alias cerdas dalam menggunakannya. Kita tidak harus menjadi ahli terlebih dahulu dalam menggunakan gadget supaya bisa menggunakannya dengan smart. Tapi, jangan menggunakannya untuk kegiatan negatif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan