Cerdas Menggunakan Gadget

66

TEKNOLOGI memang banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, bisa dibilang, manusia modern memang mulai mengalami ketergantungan dengan teknologi. Sangat banyak sisi negatif yang pada akhirnya tercipta dari teknologi. Namun, tidak sedikit juga teknologi yang sebenarnya bisa membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara menggunakannya dalam kegiatan positif.

Teknologi yang mungkin paling dekat dengan kita saat ini adalah gadget. Bisa dibilang, gadget tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Gadget merupakan perangkat elektronik yang selalu lebih cepat menyajikan teknologi terbaru dibandingkan dengan perangkat elektronik yang lain. Kini, kalangan yang menggunakan gadget semakin berkembang, tidak hanya monopoli orang dewasa saja. Anak-anak pun telah biasa menggunakannya.

Gadget sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat dunia. Bagaimana tidak, dengan memanfaatkan gadget, seseorang bisa mengakses apapun dan di manapun tanpa batas ruang dan waktu. Memang benar, penggunaan gadget dengan bijaksana akan membawa dampak yang baik dan bermanafaat. Namun terkadang, banyak pula yang menggunakan gadget secara berlebihan. Padahal, penggunaan gadget secara berlebihan akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang.

Tidak bisa dipungkiri, jika penggunaan gadget ini seperti dua mata pisau. Yang akan menyayat tajam, jika kita salah menggunakannya. Sikap yang harus diambil dalam menyikapi perkembangan zaman dan teknologi saat ini yang pacuannya sangat cepat, para remaja hendaknya mengatur waktu penggunaan gadget sebaik mungkin, dan lebih meluangkan waktu untuk berinteraksi di luar cakupan gadget, bagi setiap orang tua hendaknya mengetahui waktu yang tepat untuk mengontrol anak menggunakan gadget dan hendaknya memberikan batasan agar tidak menjadi ketergantungan yang akan mengakibatkan timbulnya masalah.

Coba kita pikirkan baik-baik, sebaiknya kita tidak perlu setiap saat memegang gadget, bukan? Lebih baik kita memanajemen waktu penggunaan perangkat elektronik kita itu dengan baik. Jadi, sebenarnya perlu ada niat yang keras untuk cerdas menggunakan gadget. Berikut tips untuk menjadi cerdas menggunakan gadget. Tips ini akan membantumu menyeimbangkan porsi penggunaan gadget dan kesehatan.

Gadget untuk mencerdaskan. Seperti namanya, smartphone seharusnya membuat penggunanya menjadi lebih smart alias cerdas dalam menggunakannya. Kita tidak harus menjadi ahli terlebih dahulu dalam menggunakan gadget supaya bisa menggunakannya dengan smart. Tapi, jangan menggunakannya untuk kegiatan negatif.

Contoh yang paling umum untuk menggunakan gadget dengan cerdas adalah ketika bermedia sosial. Media sosial merupakan salah satu tempat di dunia maya yang mungkin paling sering untuk kita kunjungi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakannya secara positif, maka kita akan membantu diri kita dan, mungkin, orang lain untuk menjadi lebih cerdas.

Ada beberapa contoh cerdas yang bisa kita lakukan dalam bermedia sosial, seperti membagikan konten-konten yang bermanfaat dan stop share konten-konten negatif agar timeline kita menjadi bersih. Juga, batasilah untuk share hal-hal yang bersifat sangat pribadi di media sosial. Jika kita ingin berkomentar atau pun membuat status, olah kata-kata yang ingin kita sampaikan agar pesan yang ingin kita komunikasikan tersebut bisa tersampaikan dengan jelas. Dan, janganlah sampai melakukan cyber bullying di media sosial.

Gadget sebagai media pembelajaran dan media baca, gadget dapat dimanfaatkan sebagai pendukung sarana baca dan pembelajaran. Gadget memiliki ruang penyimpanan yang sangat besar tergantung spesifikasi masing-masing merek dibandingkan dengan penggunaan buku secara konvensional. Gadget mampu menyimpan puluhan hingga ratusan bahan bacaan dalam bentuk softfile atau software.

Perangkat lunak aplikasi bahan bacaan biasanya memiliki karakteristik yang beragam tergantung usia pengguna. Pada orang dewasa, bahan bacaan disajikan dalam bentuk buku elektronik sedangkan untuk anak usia dini yaitu berupa cuplikan-cuplikan layar atau sering disebut ‘slide halaman’. Pada anak, bahan bacaan juga disajikan dalam bentuk yang sangat menarik perhatian, seperti tercantumnya gambar ilustrasi yang membuat sang anak berimajinasi saat membaca bahan bacaan tersebut. Selain itu, terkadang bahan bacaan juga diberikan efek suara atau backsound yang juga menarik antusiasme dari anak.

Gadget bersifat mobile atau dapat dengan mudah dipindah-pindahkan. Ukurannya yang kecil dan pas di kantung pengguna memungkinkan penggunaan perangkat ini dimana saja. Kebutuhan pasokan listrik sebagai sumber daya utama bagi gadget juga sudah dengan sangat mudah diakses. Dengan adanya perangkat keras penyimpan daya seperti powerbank, membuat gadget sangat fleksibel penggunaannya. Sehingga, lokasi yang kurang memadai akan listrik telah teratasi dengan perangkat ini. Lalu, apabila menilik dari sifat anak-anak yang mudah bosan dengan suatu keadaan, keunggulan ini menjawab dengan lugas permasalahan tersebut. Gadget dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Fitur gadget juga beragam. Para produsen gadget tentu ingin memenangkan produknya di pasaran, sehingga mereka berlomba-lomba menjual produk dengan fitur-fitur yang dapat menarik perhatian pengguna atau pembeli. Banyaknya jenis software aplikasi sangat memungkinkan anak untuk melakukan bermacam hal dalam jeda waktu yang relatif singkat,  contohnya bermain games bertemakan permainan tradisional.

Permainan tradisional seperti congklak, ular tangga, dan kelereng dapat dimainkan dalam waktu bersamaan karena dikemas secara virtual dalam layar gadget.  Fitur berupa games dapat digunakan sebagai pendekatan untuk anak guna meningkatkan minat mereka dalam membaca. Games yang menekankan pada kejelian mata anak akan memacu daya konsentrasi yang mereka miliki. Begitu pula dengan games yang mengajak pengguna untuk bergerak cepat, tentu secara tidak langsung akan meningkatkan kelincahan sang anak. Pendekatan melalui metode kinestetis dalam pembangunan minat baca jauh lebih efektif daripada pendekatan secara verbal.

Sarana Untuk Membagikan Konten-Konten Positif

Sangat banyak konten positif yang bagus untuk dibagikan jika dibandingkan dengan konten-konten negatif yang merajai timeline kita pada saat ini. Daripada kita jadi ikut membagikan konten-konten negatif, maka lakukan share konten-konten yang dapat berguna, atau minimalnya bisa menghibur, di timeline.

Sarana Menulis. Kita bisa memanfaatkan gadget sebagai sarana untuk menulis.Berbekal teknologi yang ada seperti sekarang ini, kita bisa menulis di mana saja, kapan saja, dengan berbagai media dan aplikasi yang telah banyak tersedia, dan lewat gadget, tentunya. Dengan menulis, selain kita bisa mencerdaskan diri, kita juga dapat menuangkan ide-ide positif kita yang bisa berpengaruh bagi audiens kita. Dan, dengan gadget, kita juga bisa menulis di mana saja pada saat ide itu sedang muncul. Posting tulisan kita di media-media, seperti blog atau pun media sosial kita. Jika kita memang mempunyai kualitas dan memiliki keinginan untuk menulis, kita malah bisa mendapatkan uang dari sini. Jadi, selain kita bisa membagikan konten positif yang original, kita juga bisa mendapatkan tambahan uang saku.

Vlogging. Bagi yang merasa malas untuk menulis, kita juga bisa melakukan vlogging. Melalui teknologi yang dimiliki oleh handphone sekarang ini, kita bisa melakukan vlogging kapan saja tanpa harus menggunakan kamera video sendiri. Gunakanlah media seperti Facebook live atau Instagram untuk membuat vlog, dan langsung menyebarkannya. Buatlah konten-konten vlog yang menghibur, bermanfaat, dan edukatif serta buatlah vlog yang bisa menyampaikan ide kreatif kita.

Gadget sebagai media hiburan. Setelah jenuh beraktivitas belajar atau menyelesaikan tugas-tugas sekolah gadget dapat menjadi pilhan media hiburan melalui permainan yang telah diunduh, bersosial media, ataupun hanya sekedar foto-foto dengan teman temannya. Tidak ada larangan menggunakan gadget untuk hiburan asalkan tidak sepanjang waktu hanya bermain saja.

Gadget untuk melatih kecepatan berpikir. Kita sering menggunakan gadget meski dalam bermain game akan termotivasi untuk menyelesaikan permainan dan melanjutkan dengan mengunduh permainan baru yang lebih menantang sehingga secara tidak langsung mereka akan terlatih untuk berfikir lebih cepat dan kreatif. Apalagi kita bisa memanfaatkannya gadget sebagai sumber belajar, ilmu pengetahuan akan diperoleh dengan cepat, tepat, dan akurat daripada menggunakan sumber belajar teks manual. Kecepatan ini akan terus melatih untuk semakin terampil berpikir kritis dan cepat berpikir dalam menemukan solusi permasalahannya.

Gadget menumbuhkan rasa keingintahuan yang luar biasa. Bagi yang telah terbiasa menemukan informasi melalui gadget dengan akses internet berusaha menggali informasi dalam bentuk berbeda dengan sebelumnya misalnya melalui animasi, youtube, tutorial dan lain lainnya, hal itu berarti mereka siap untuk menikmati tantangan yang sebelumnya belum pernah ditemui dengan berselancar di dunia digital.

Gadget sebagai alat komunikasi dengan orangtua, teman, dan guru. Kemudahan komunikasi dengan gadget tidak terbantahkan, dengan gadget orangtua dapat berkomunikasi waktu menjemput dan posisi anak dapat selalu dipantau oleh orang tua masing-masing guna meminimalisir kejahatan. Sesama teman pengguna gadget dapat belajar bersama dan saling diskusi melalui media online, guru pun dapat berdiskusi online dengan siswa dan orang tuanya dimanapun dan kapanpun tanpa harus bertatap muka. Jarak, ruang, dan waktu dapat dipangkas oleh gadget.

Pembatasan waktu penggunaan gadget. Gadget memang bisa memudahkan mencari informasi dan hiburan namun perlu membatasi waktu penggunaannya sehingga tidak mengganggu waktu berharga bersama keluarga, teman, dan pergaulan dalam kehidupan nyata Penggunaan gadget yang baik tidak dilakukan secara terus menerus tetapi perlu pembatasan waktu.

Parental Control dalam Penggunaan Gadget bagi Anak. Dengan segala keunggulan dari gadget sebagai media pembelajaran, tentu diperlukannya peran orang tua dalam pengawasan agar proses kemajuan anak menjadi terarah dan memanfaatkan gadget untuk membangun minat belajar anak.  Anak perlu senantiasa dimotivasi supaya minat belajarnya konsisten dan teguh. Sifat alamiah anak-anak yang senang bermain tentu menjadi tantangan besar bagi orang tua  dalam proses ini. Memotivasi bukan berarti menanamkan paradigma bahwa belajar adalah yang paling penting dibandingkan melakukan kegiatan lainnya. Memforsir anak untuk selalu belajar tidak menjadi langkah terbaik untuk masa pertumbuhan anak.

Pendampingan yang dimaksud adalah pengaturan jadwal antara membaca bahan belajar dan bermain. Orangtua berkewajiban penuh memegang kendali jadwal kegiatan anak. Penggunaan metode belajar sambil bermain juga menjadi salah satu alternatif bagi orangtua dalam membimbing sang anak untuk melewati masa-masa krusialnya ini. Selain itu, anak sebaiknya tidak diajarkan terlebih dahulu cara mengakses internet sehingga tidak memberi celah kosong yang bisa saja menjadi blunder pada perkembangan anak.

Penggunaan aplikasi offline lebih dianjurkan daripada aplikasi berbasis online atau aplikasi yang membutuhkan jaringan internet. Orangtua juga harus mempertimbangkan perkembangan sosial bagi anak yakni dengan memberi porsi untuk anak bersosialisasi dengan anak lain, dapat dilakukan di lingkungan rumah maupun sekolah. Sehingga dengan begitu, selain intelektual sang anak berkembang, kepekaan terhadap sosial dalam diri anak juga terbangun.

Teknologi ini hanyalah merupakan alat, sementara untuk menjadi positif atau negatifnya akan kembali lagi kepada kita sebagai para penggunanya. Oleh karena itu, menjadi bijaklah dengan mengatur waktu penggunaan gadget, jangan sampai kita lupa terhadap tanggung jawab kepada Allah SAW dan orang-orang di sekitar kita. Lebih banyak luangkan waktu untuk kegiatan positif agar tubuh kita selalu sehat jasmani dan rohani. Karena di dalam tubuh yang sehat tentunya terdapat iman yang kuat. Kalau bukan kita yang menjaga kesehatan tubuh sendiri, siapa lagi?

Mari menjadi generasi yang sehat dan sukses, bukan menjadi generasi yang hanya bisa menunduk menatap gadget yang memiliki potensi kerugian amat besar.

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.