6 Daerah Miliki Bank Sampah

BANDUNG – Untuk mendukung program Citarum Harum di wilayah Bandung Raya, Enam daerah di Jawa Barat mendapatkan fasilitas Bank Sampah Induk (BSI) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Enam daerah itu yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kota Bekasi. Numun, Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kota Cimahi, Kementerian LHK juga memberikan fasilitas Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah.

Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil (Emil) menyambut baik bantuan dari pemerintah pusat itu. Dengan cara ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lingkungan serta peradaban manusia khususnya di sepanjang DAS Citarum.

Emil mengatakan, BSI dan PDU memiliki teknologi canggih serta ramah lingkungan. Sehingga, harapannya masyarakat semakin sadar untuk tidak lagi membuang sampah ke Sungai Citarum dan anak-anaknya. Sehingga sedimen­tasi, tingkat kekotoran, dan potensi banjir dapat dikurangi.

Dia mengatakan, selama ini pemerintah pusat sangat pe­duli pada kualitas lingkungan dan peradaban manusia khu­susnya di DAS Citarum.

’’Mudah-mudahan tidak ada lagi sampah-sampah dari masyarakat yang langsung dibuang ke Citarum,” kata Emil, usai penyerahan fasili­tas pengolahan sampah se­cara simbolis di PDU Jelekong, Kecamatan Baleendah, Ka­bupaten Bandung, Senin (15/4).

Sebagai Komandan Satgas Citarum Harum, Emil berko­mitmen memperbanyak fa­silitas PDU dan BSI di berba­gai tempat. Sehingga ke depan masyarakat sendiri yang akan mengelola fasilitas tersebut. Saat ini PDU dan BSI semen­tara akan dikelola oleh pe­merintah daerah bersama komunitas lingkungan.

”Sebagai dansatgas saya sudah berkomitmen akan meng-copy apa yang diperli­hatkan ini untuk diperba­nyak. Sehingga suatu hari masyarakat betul-betul ting­gal datang dikelola tanpa membuang sampah ke Cita­rum,” kata Emil.

”Untuk pengelolaan alat ini kita kan punya banyak komu­nitas. Kita berdayakan me­reka untuk mengedukasi karena sekarang dengan men­golah dan memilah sampah akan bernilai ekonomi se­perti bank sampah,” lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Ling­kungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menjelaskan, satu fasilitas PDU mampu mengelola 10 ton sampah per hari dengan kapasitas kompos 30 ton sampah per hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan