Waspada Kebakaran Hutan Jelang Asian Games

BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kehutanan melakukan sejumlah antisipasi terjadinya kebakaran hutan. Terutama menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018.

Karena itu menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, pihaknya sudah melakukan antisipasi dan bersikap waspada karena kebakaran hutan di saat musim kemarau bisa saja terjadi juga di Jawa Barat. “Sekaligus antisipasi Asian Games, jangan sampai ada kebakaran hutan yang pada akhirnya mengganggu pertandingan akibat adanya asap,” kata Iwa di Bandung kemarin (7/8).

Menurutnya berdasarkan sura edaran Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SE13/PHPL/UHP/HPL.1/2018 tanggal 28 Mei 2018 lalu, Dinas Kehutanan Jabar sudah mengeluarkan surat edaran pada seluruh pengelola dan pemangku kawasan kehutanan di Jabar.
“Surat dikirim ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar, pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, dan Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jabar Banten. Selain juga ke seluruh Dinas Kehutanan yang ada di kabupaten,” paparnya.

Sekda menuturkan seluruh pemangku kawasan diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh elemen pengaman hutan dan lahan yang terkait dengan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Bentuknya, kata Iwa dengan melaksanakan pelatihan, simulasi serta apel siaga pengendalian kebakaran hutan.

Dia pun berharap seluruh pihak juga diminta untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan bersama instansi terkait seperti TNI, BPBD, kepolisian dan kelompok masyarakat. “Kami juga minta aktif untuk memantau hotspot melalui website Sipongi dan cuaca harian serta informasi system peringkat bahaya kebakaran bekerjasama dengan BMKG,” imbuhna.
Dengan kewaspadaan tinggi, lanjutnya meski saat ini tengah kemarau, kasus kebakaran hutan dan lahan di Jabar tidak akan terjadi. ”Kami juga minta masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mewaspadai kondisi ini,” katanya. (bon/rmo/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan