SLO Online Pertama di Indonesia

Dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2018 yang digelar Pemprov Jawa Barat, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat memunculkan inovasi baru sistem informasi penerbitan Sertifikasi Laik Operasi (SLO) secara online di lingkup pemerintahan daerah provinsi pertama kali di Indonesia.

ANDY RUSNANDY, Bandung

CONTOH tanda tangan elektronik diperlihatkan. Operator membuka slide per slide materi sosialisasi. Senin (20/8) pagi itu, Ai Saadiyah Dwidaningsih Kepala Bidang Ketenagalistrikan  didampingi Yopi Supradja Staf Keteknikan, antusias memaparkan. Di hadapan mereka, belasan perwakilan pimpinan Lembaga Inspeksi Teknis (LIT) khusyuk mendengarkan. Ada kebijakan baru soal proses sertifikasi laik operasi ketenagalistrikan.

Kebijakan baru itu diawali dengan adanya inovasi yang dilakukan Dinas ESDM Jawa Barat. Mereka memberlakukan SLO sistem online. Selama ini, proses pemberkasan sertifikasi instalasi listrik dilakukan secara manual. “Jika ada berkas yang harus diperbaiki, LIT bulak-balik. Waktunya jadi lama,” ujar Ai, kepada Jabar Ekspres.

Sistem informasi SLO yang telah diimplementasikan Dinas ESDM Jabar ini merupakan aplikasi pertama di Indonesia. Tujuannya, untuk mempermudah pelaksanaan proses sertifikasi laik operasi ketenagalistrikan. Mengingat, LIT tidak hanya menginspeksi di Provinsi Jawa Barat. Bahkan di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

“Maka, Dinas ESDM Jabar menghadirkan tools (alat, Red) sebagai wadah pengajuan pemohonan sertifikasi sampai dengan penerbitan nomor registrasi dan sertifikat laik operasi. Aplikasi ini dirasakan sangat bermanfaat bagi Lembaga Inspeksi Teknis (LIT) karena tidak harus datang ke Dinas ESDM Jabar seperti yang dilakukan secara konvensional,” tegasnya.

Aplikasi ini sudah diinisiasi sejak tahun 2015. Dan mulai diberlakukan pada tahun 2016. Dapat diakses oleh LIT. Isinya  memuat data tematik. Pertama, daftar perusahaan pemilik instalasi yang mengajukan permohonan SLO dan Nomor registrasi. Kedua, daftar perusahaan pemilik instalasi yang telah mendapatkan SLO dan nomor register.

Ketiga, memuat data LIT di Jawa Barat dan tenaga teknik ketenagalistrikan. Keempat, data dan informasi persyaratan penerbitan SLO dan Nomor Registrasi yang disampaikan oleh LIT. Kelima, sebaran instalasi tenaga listrik yang telah mememiliki SLO.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan