Sertifikasi Dapat Tingkatkan Kompetensi

BANDUNG – Pusat Pengembangan Sumber Daya manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sosialisasikan program sertifikasi siswa SMK di Jawa Barat di Gedung PPSDM Aparatur, Jalan Cisitu Lama, Kota Bandung, kemarin (9/10).

Kegiatan ini disosialisasikan langsung oleh Kepala PPSDM KEBTKE, Umi Asngadah dan dihadiri oleh Staf Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat serta Kepala Sekolah SMK yang memiliki jurusan kelistrikan di Jawa Barat.

Umi mengutarakan, program sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK, khususnya jurusan ketenagalistrikan. ”Ini akan sangat baik untuk peserta didik. Jadi ketika lulus, tidak hanya bermodalkan ijazah (untuk mencari kerja), namun juga sudah memegang sertifikat tanda lulus uji kompetensi di ESDM di bidang ketenagalistrikan,” tutur Umi.

Awalnya, masih menurut Umi, lahirnya program ini dikhususkan untuk peserta didik dari sekolah 3T (terdepan, terluar dan terdalam). Namun, atas perintah pemerintah pusat, program sertifikasi ini mulai dianjurkan untuk sekolah umum dengan maksud untuk menciptakan siswa SMK yang siap kerja dan memiliki kompetensi tinggi.

Kepala Subbidang Evaluasi PPSDM KEBTKE, Ahmad Nasarudin menjelaskan, program sertifikasi ini tak lepas dari program pemerintah yang sedang gencar melakukan pembangunan peningkatan batuan energi. ”Akan ada peluang kerja yang besar di bidang ketenagalistrikan dan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh SMK,” ucapnya.

Ahmad juga mengatakan, berdasarkan Undang-undang nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, salah satu syarat yang harus dimiliki setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi.

Kepala SMKN 6 Bandung, R.M Lukman menyambut baik program kerja sama tersebut. Menurutnya, sertifikasi bagi peserta didik di era sekarang menjadi keniscayaan guna kebutuhan di dunia kerja. “Kami menyambut baik kerja sama ini, karena ini akan berguna bagi peserta didik kita saat masuk ke dunia kerja,” ujarnya. (nizar/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan