Pemkot Genjot Bantuan Rutilahu

BANDUNG – Sebanyak Delapan unit rumah di kelurahan Sukaraja kecamatan Cicendo Kota Bandung mendapatkan Dana bantuan Rumah tidak layak huni (Rutilahu). Tepatnya berada di RW 02, 03, 05, 07 dan 09.

Mereka yang mendapat bantuan Rutilahu di RW 02 milik Dodi Supriadi Jalan Gunung Batu Gg. H. Kosim dan Duki Jalan Gunung Batu Gg. Cikahuripan. Untuk RW 03 yaitu rumah Abdul Jabar Hanjuang Jalan Budhi, di RW 05 milik Nanih Rukmini dan Rosnawati Jalan Sukaraja ll. Sedangkan di RW 07 milik Wawan Setiawan Jalan Babakan Radio dan Mimin Jalan Mentor Gg. Hambali. Terakhir di RW 09 milik Uka di Jalan Gunung Batu Nomor 93.

Sebelum meninjau rumah yang mendapatkan bantuan Rutilahu, Wakil Wali Kota Bandung, Oded. M. Danial meresmikan taman Mentor yang berada di Jalan Mentor Kelurahan Sukaraja RW 07. Oded mengatakan, program Rutilahu berbasis APBD Kota Bandung tersebut memberikan kemaslahatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Karena Dana tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan. Tujuannya agar hunian yang sebelumnya tidak layak menjadi layak dan nyaman untuk ditempati.

”Saya apresiasi unsur kewilayahan di kelurahan Sukaraja ini. Karena telah bersama sama membantu masyarakat dalam memberikan kemanfaatan khususnya tempat tinggal,” ujarnya.

Dipaparkan Oded, Dana yang diberikan setiap rumah itu berbeda beda, namun kali ini di kelurahan Sukaraja, antara dana dari program Rutilahu ditambahkan dana swadaya masyarakat sehingga dana terkumpul sekitar Rp 23 juta. ”Hasil pengumpulan Dana sangat besar. Hal ini membuktikan masyarakat ingin membantu warga sekitar sehingga mendapatkan rumah yang lebih layak,” tutur Oded.

Menurutnya, dengan saling membantu satu sama lain akan mendapatkan barokah dan hasil yang maksimal. ”Bisa dilihat dengan tambahan dari swadaya masyarakat, rumah hasil perbaikan ini menjadi layak dan nyaman untuk ditempati,” ujarnya usai meninjau rumah penerimaan manfaat Rutilahu, di kediaman Mimin RW 07 Kelurahan Sukaraja, Kamis (8/2/2017).

Sedangkan taman Mentor yang baru saja diresmikan, Oded mengapresiasi atas hadirnya taman bermain anak-anak. Hal tersebut membuktikan bahwa wilayah mampu memberikan manfaat yang baik berkat kerjasama. ”Mang oded berharap ke depannya terus memberikan inovasi. Jika hal itu terus hadir maka lingkungan kita akan nyaman untuk ditinggali,” ujar Oded.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan