Kodam III/Siliwangi Pantau 12 Anak Sungai Citarum

BALEENDAH – Komandan Sektor 21 Citarum Harum  Kolonel Infanteri Yusep Sudrajat dari Kodam III/Siliwangi, secara langsung melakukan pengawasan 12 Anak Sungai Citarum untuk menjaga kebersihan serta kelestarian alam pada aliran Sungai Citarum. Hal ini dilakukan dalam program Citarum Harum.

Yusep mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui Ceramah, yang dilaksanakan di 12 desa, yakni Balai desa dan madrasah, dengan mengundang Kades, perangkat desa, tokoh masyarakat, seluruh RT RW dan masyarakat setempat.
“Kami telah melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat faham dengan kelestarian alam dan kebersihan,” kata Yusep saat di konfirmasi di Posko Sektor 21 Komplek GPA Baleendah, Sabtu (17/3).
Pembahasan sosialisasi itu, lanjut Yusep, yakni terkait kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah ke sungai. Pasalnya, kata Yusep, kebersihan itu sebagian dari iman. Oleh karenanya, Yusep mengajak MUI untuk ikut serta dalam sosialisasi tersebut.
“Kami ajak MUI untuk ikut serta mengikuti sosialisasi ke masyarakat, agar memberikan pemahaman keagamaan kepada masyarakat tentang pentingnya mencegah kerusakan lingkungan serta menjaga keseimbangan ekosistem melalui pengelolaan sampah yang baik,” ungkapnya.
Apalagi, lanjut Yusep, terkait sampah sudah ada fatwa dari MUI yakni nomor 41 tahun 2014, tentang pengelolaan sampah untuk mencegah kerusakan lingkungan. “Oleh karena itu, kami melaksanakan sosialisasi, berperan aktif dan menyadarkan masyarakat terkait sampah dan sikap hidup yang bertanggung jawab melalui agama. Alhamdulillah dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, masyarakat sangat antusias dan berjanji tidak akan membuang sampah ke sungai, dan akan membuang sampah pada tempat yang sudah di sediakan,” pungkasnya. (yul)

Tinggalkan Balasan