Kampiun di Empat Journee Lagi

PARIS – Setelah setahun, musim ini Ligue 1 sangat mungkin kembali berakhir lebih cepat. Bagaimana tidak. PSG yang menjadi pemuncak klasemen hingga journee ke-30, sudah unggul 17 angka dari AS Monaco yang ada di posisi dua.

Itu terjadi setelah tim polesan Unai Emery menang 2-1 atas Angers. Dua gol laga yang dihelat di Parc des Princes itu diborong Kylian Mbappe pada menit ke-12 dan 16. Sedangkan, satu gol Angers dilesakkan Karl Toko Ekambi (76′).

Namun, laga ke-30 Monaco baru digeber dini hari nanti melawan Lille. Nah, dengan asumsi Monaco menang maka selisih akan menjadi 14 angka. Bila itu terjadi, Le Parisiens hanya membutuhkan kemenangan di empat journee lagi dari delapan journee yang tersedia untuk mengunci gelar. Bahkan, Thiago Silva dkk bisa mengunci gelar lebih cepat. Itu terjadi bila mereka mampu mengalahkan Monaco (16/4).

“Kami sangat ingin memenangi liga dan hasil malam ini (kemarin dini hari, Red) mendekatkan kami untuk itu. Respon para pemain menyikapi diusirnya Thiago Motta juga sangat positif dan kami mampu tetap tenang,” kata Emery seperti dilansir situs resmi klub.

Memang, kemenangan atas Angers kemarin juga bisa jadi tolok ukur mental sekaligus konsistensi penggawa PSG meski bermain dengan sepuluh pemain. Eks gelandang Inter Milan dan Barcelona itu diusir wasit Sebastien Desiage karena melanggar Romain Thomas saat laga baru berjalan 16 menit.

Ajang domestik memang menjadi pelipur lara bagi mimpi PSG juara Liga Champions yang kandas di tangan Real Madrid di 16 besar. Selain Ligue 1, mereka juga sudah masuk final untuk Coupe de la Ligue melawan Monaco (31/3)dan menjejak semifinal Coupe de France menghadapi Caen (18/4).

Satu lagi bukti bahwa skuad PSG makin matang adalah mereka sudah terbiasa tanpa Neymar yang harus menepi hingga akhir musim karena cedera metatarsal. Dari lima laga di semua ajang tanpa kapten timnas Brasil itu, PSG menang empat kali.

“Juara (Ligue 1) sangat penting bagi kami karena itu adalah tanda bahwa tim ini konsisten sepanjang musim. Saya bahagia dengan cara kami bermain hari ini dan semoga di laga selanjutnya juga,” sambung pelatih berkebangsaan Spanyol. (io/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan