Debat Paslon Polisi Turunkan 300 Personel

106

CIMAHI – Untuk pengamanan debat publik pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang akan dilaksanakan pada Rabu 11 April 2018 (hari ini. Red), Polres Cimahi menurunkan 300 personel.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana mengungkapkan, jumlah personel yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut, merupakan personel dari semua kesatuan, mulai dari intelejen, reskrim, sabhara, dan lantas. Sistem pengamanannya terbuka (berseragam) dan tertutup (pakaian preman).

“Polanya dibagi tiga ring. Ring satu dari keberangkatan tiap paslon, ring dua di luar lokasi kegiatan, dan ring satu di dalam hotel,” ungkapnya, saat dihubungi, Selasa (10/4/2018).

Rusdy mengaku, pihaknya sudah menyiapkan rencana pengamanan (Renpam) untuk debat publik yang akan dilaksanakan di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan itu. Bahkan pengamanan tidak dilakukan pada hari pelaksanaan debat saja, tetapi sebelum dan sesudahnya pun sudah disiapkan secara matang.

“Pengamanan tidak hanya di hari H saja. Namun mulai dari tahapan atau pra hingga pasca sudah kita siapkan jauh hari sebelumnya,” katanya.

Menurut Rusdy, untuk pengamanan ini, pihaknya sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan pihak penyelenggara, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Tidak hanya itu, pihaknya pun sudah melakukan pendekatan kepada elemen lainnya yang dianggap terlibat dalam debat publik tersebut.

“Untuk persiapan pengamanan, kami juga menggelar gladi pengamanan, dan menggelar tactical wall game (TWG) melibatkan seluruh pasukan, KPUdan Panwaslu,” ujarnya.

Dengan pengamanan yang sudah disiapkannya, Rusdy yakin pelaksanaan debat publik peserta Pilbup KBB berjalan tertib dan lancar. “Gladi sore hari ini. (kemarin, Red) karena kemarin rapat terakhir kita sudah ketahui titik yang harus kita amankan. Insyaallah bisa berjalan aman,” ucapnya.

Rusdy menjelaskan, gladi dilakukan selain untuk mengecek lokasi kegiatan, juga untuk mengecek kesiapan personel hingga kelengkapannya. Dengan demikian, saat hari pelaksanaan semuanya bisa 100 persen siap dan tanpa ada kendala atau kekurangan apapun. “Kalau untuk sterilisasi, di pintu masuk kita akan cek setiap undangan (bodycheck) begitu juga barang bawaannya,” ujarnya.

Rusdy menyebutkan, mereka yang bisa masuk ke dalam gedung lokasi kegiatan, yakni mereka yang sudah diundang oleh KPU, serta dibekali kartu undangan atau id card. Untuk jumlahnya sendiri sudah ditetapkan oleh KPU.”Yang boleh masuk yang diundang KPU, karena ini terbatas,” sebutnya.

Untuk itu, Rusdy mengimbau kepada para pendukung setiap paslon peserta pilbup, agar tidak datang ke Hotel Mason Pine untuk mendukung paslon yang diusungnya. Kecuali mereka yang diundang KPU dan membawa idcard untuk memasuki lokasi debat publik.

Rusdy menegaskan, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan bisa melihat tayangan di televisi karena disiarkan secara langsung. Jangan memaksakan datang, karena keterbatasan tempat. Jika dipaksakan masuk dikhawatirkan mengganggu ketertiban dan kelancaran kegiatan. “Disana pihak penyelenggara menyiapkan layar besar di luar lokasi kegiatan debat publik,” tuturnya.

Rusdy pun mengimbau kepada calon, tim sukses, masyarakat dan simpatisan setiap calon agar menghargai pesta demokrasi. Karena ini pesta demokrasi harus disambut dengan kegembiraan, dan jangan sampai mengganggu ketertiban. Rusdy mengaku tidak segan-segan untuk menindak tegas jika ada pelanggaran hukum yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab saat kegiatan berlangsung.

“Hargai satu sama lain, hormati hukum, agar acara bisa tertib dan lancar, serta jaga kamtibmas,” pungkasnya. (ziz).

~ads~
BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.