BPPD dan Dispangtan Raih Penghargaan

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung meraih dua penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dua raihan tersebut atas dua aplikasi inovatif E-Satria yang dibuat Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung dan inovasi berjudul Mini Lab Food Security dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Bandung.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafrudin dan diterima oleh Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna. Malam penganugerah penghargaan diselenggarakan di Grand Ballroom Shangrila Hotel Surabaya, Rabu (29/9) malam.

Menpan RB Syafrudin menyampaikan, pemerintah mendorong inovasi-inovasi yang bersifat lokal dan instansional tetapi potensial untuk diterapkan secara nasional agar segera diangkat menjadi program nasional.

“Saat ini sudah banyak inovasi dari pemerintah pusat maupun daerah yang mendapat penghargaan internasional. Hal itu sejalan dengan kebijakan Kemenpan-RB yang terus berupaya mendorong terciptanya terobosan untuk meningkatkan pelayanan publik,” kata Syafrudin.

Kebijakan tersebut, lanjut Syafrudin, antara lain dengan membentuk Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) dan pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP). Mantan Wakapolri itu menegaskan, kuatnya pilar perekonomian daerah bertumpu pada dua hal.

“Yaitu masuknya investasi ke Indonesia dan iklim perekonomian yang sehat. Keduanya bertopang pada penyelenggaraan kemudahan investasi dan berusaha, atau ease of doing business (EoDB),” jelasnya.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna memaparkan, inovasi E-Satria atau Electronik-Self Assesment Tax Reporting Apps merupakan aplikasi pelaporan pajak secara online yang digagas oleh Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung.

“Dengan aplikasi ini, wajib pajak tidak perlu datang ke kantor BPPD untuk melaksanakan pelaporan pajak, tetapi dapat melaporkan pajaknya secara online,” kata Ema.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Elly Wasliah mengungkapkan, Mini Lab Food Security merupakan sistem yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam mengkonsumsi bahan pangan segar yang digagas oleh Dinas Pangan dan Pertanian.

“Konsumen dapat memeriksa kesehatan pangannya menggunakan Mini Lab Food Security,” katanya singkat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan