Promosikan Geopark Ciletuh ke Mancanegara

Kevin Siap Bantu Mengembangkan Wisata Jawa Barat

1
Putri Indonesia Lingkungan 2017
FAJRI ACHMAD N.F/JABAR EKSPRES
HARUMKAN JABAR: (kiri-kanan) Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Putri Indonesia Lingkungan 2017 Kevin Liliana dan Ketua Yayasan Putri Indonesia Wardiman Djojonegoro berjabat tangan di Gedung Sate.

 jabarekspres.com, BANDUNG – Setelah menyabet juara dua ajang pemilihan Putri Indonesia 2017 pada Jumat (31/3), Kevin Liliana pulang ke kota kelahirannya di Bandung, kemarin (11/4). Mantan mojang Jawa Barat itu berkunjung ke Gedung Sate dan bertemu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Kevin mengaku ikut ajang ratu kecantikan sudah dimpikannya sejak kecil. Meski banyak dibilang tomboi, namun Kevin memancarkan aura sebagai perempuan yang cerdas, ramah dan supel.

Menyandang gelar Putri Indonesia Lingkungan 2017, mahasiswi Universitas Kristen Maranatha ini memiliki tugas untuk mengampanyekan pelestarian lingkungan dan pariwisata. Menurut dia, Indonesia memiliki beragam objek wisata mulai keindahan alam, budaya hingga industri kreatif.

”Tugas saya sebagai Putri Indonesia Lingkungan 2017 untuk mempromosikan pariwisata Indonesia agar lebih terkenal ke mancagenara. Terutama saya ingin menarik banyak wisatawan asing berkunjung ke Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi unggulan,” ujar Kevin.

Gadis kelahiran Bandung, 5 Januari 1996 ini mengatakan, salah satu destinasi wisata Jabar yang akan dia promosikan yakni Geopark Ciletuh. Wisata yang terletak di Sukabumi bagian selatan ini bisa menjadi wisata andalan, bukan hanya untuk Jabar melainkan Indonesia.

Pada Oktober mendatang, dirinya akan mewakili Indonesia pada ajang Miss International 2017 di Jepang. Menurut dia, salah satu presentasinya di ajang kontes kecantikan dunia itu akan mempromosikan Geopark Ciletuh.

”Di sana (Geopark Ciletuh) tempatnya sangat bagus dan unik. Saya berharap pemerintah terus mengembangkan kawasan itu dengan mengolaborasikan kekayaan alam dan budaya. Tujuannya, agar wisatawan yang berkunjung ke Geopark Ciletuh itu pas pulang ke Negara asalnya mau bercerita kepada teman-temannya. Mudah-mudahan wisatawan yang pernah berkunjung ke sana bisa kembali datang dan membawa yang lain,” ujar dia.

Kevin menambahkan, untuk memperkenal pariwisata Jabar saat ini, dirinya akan mengoptimalkan penggunaan media sosial. Dirinya akan rajin memposting pengalaman-pengalaman dan foto-foto wisata yang unik agar membuat penasaran para calon wisatawan.

Menurut dia, selain mempromosikan wisata alam, dirinya juga akan mengajak para pemangku kepentingan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, wisatawan luar negeri paling tidak suka jika melihat sampah berserakan di lokasi wisata.

”Jangan sampai turis-turis yang berkunjung ke Indonesia merasa kapok. Mereka harus pulang membawa cerita yang mengesankan tentang Indonesia. Karena cerita pengalaman mereka lebih terpercaya ketimbang foto-foto yang kita share di medsos,” ujar dia.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, terpilihnya Kevin sebagai runner up Putri Indonesia akan memberikan dampak positif bagi pembangunan di Jabar. Sebab, Kevin akan menjadi duta bagi Provinsi Jabar kampanye menjaga lingkungan.

”Kan kesannya beda, kalau Kevin yang mengajak menjaga lingkungan, orang akan lebih nurut. Ketimbang saya yang bicaranya,” ujar pria yang akrab disapa Aher ini.

Menurut Aher, antara pemprov Jabar dan Yayasan Putri Indonesia memiliki titik temu kepentingan yang sangat luas. Saat ini, pemprov konsen untuk menata lingkungan, seperti penghijauan lahan kritis, normalisasi sungai dan pembangunan green building.

”Isu-isu lingkungan itu akan mudah kita atas dengan kerjasama pemprov dan Yayasan Putri Indonesia,” ujar Aher.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida mengatakan, prestasi Kevin membawa kebanggan bagi masyarakat Jabar. Sebab, selama ini Jabar belum pernah masuk tiga besar Putri Indonesia. Apalagi, Kevin tidak hanya menjadi runner up, melainkan terpilih sebagai pemenang Best Traditional Costume di ajang tersebut.

”Harapan saya, Kevin bisa membantu saya untuk mempromosikan Jawa Barat. Sehingga, turis-turis mancanegara mau datang ke Jabar,” ujar Ida.

Ida mengatakan, sejauh ini, perkembangan pariwisata Jabar dalam tahap mau berlari. Dengan terpilihnya Kevin, dirinya semakin semangat mempromosikan pariwisata Jabar. (fik)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here