Pemprov Bantu 2.612 Orang Pulang Kampung

Di bagian lain, seorang pemudik Mada, 35, asal Kendal, Jawa Tengah, sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemprov Jawa Barat atas inisiasi program mudik gratis. Pria yang berprofesi sebagai pengajar di Kota Bandung ini menuturkan ingin memanfaatkan dengan baik program ini sekaligus menghemat biaya Lebaran.

Alhamdulillah kita sangat bersyukur sekali, dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ada program seperti ini. Berterima kasih sekali, semoga pelaksanaannya lancar. Semoga tahun depan tambah ramai dan tambah banyak yang ikut (mudik gratis. Red),” tutur Mada.

Mada juga berharap program mudik Humas Jabar itu bisa dilakukan oleh lembaga atau pemerintah daerah lain. Menurutnya, mudik gratis bisa efektif mengurangi kemacetan dan kecelakaan apabila partisipasi masyarakat besar.

Wali Kota Bandung Ridwan kamil mengimbau, warga Kota Bandung tetap waspada dan hati-hati di perjalanan.

”Libur lebaran akan di mulai hari Kamis (22/6) mendatang. Jadi pasti akan mulai mudik di hari jumat (23/6),” katanya.

Menurut dia, pemudik alangkah baiknya menjaga kondisi fisik dan kelaikan kendaraan yang akan digunakan mudik. Sebab, kedua-duanya berperan penting untuk bisa sampai di kampung halaman. ”Untuk menjaga fisik, setiap tiga jam sekali sebaiknya berhenti buat istirahat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Jalan Tol Purbaleunyi, PT Jasa Marga Setia Budi mengatakan, puncak arus mudik  Lebaran di jalan tol Purbaleunyi (Purwakarta-Cilunyi) diperkirakan terjadi pada H-2, Jumat (23/6). Sedangkan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+4 yakni 3 Juli 2017.

Budi mengatakan,  peningkatan rata-rata untuk gerbang exit itu 2 persen, untuk gerbang masuk 2,46 persen. Menurutnya, ada tiga gerbang tol yang diperkirakan akan padat saat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini antara lain Gerbang Tol Cileunyi, Pasteur, dan Sadang. Pintu tol Cileunyi akan menjadi pintu keluar paling padat di jalan tol Purbaleunyi.

”Gerbang Tol Cileunyi  puncaknya diperkirakan hari Lebaran dengan pekiraan 40 ribu sampai 42 ribu kendaraan yang  melintas di lebaran hari pertama,” katanya kepada Jabar Ekspres di Cileunyi,  kemarin.

Budi mengungkapkan, arus keluar kendaraan dari pintu tol Cileunyi akan padat saat di hari pertama Lebaran bersamaan dengan momen silaturahmi warga. Dia mengatakan, jalur Tol Cileunyi ini arus normalnya 30 ribu kendaran per hari. Tapi, di hari Lebaran bisa mencapai 42 ribu kendaraan. ”Arus balik diperkirakan sekitar 48 ribu kendaraan, lebih tinggi daripada arus silaturahmi,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan