Pemkot Antisipasi PKL ’Siluman’

bandungekspres.co.id, CIHAMPELAS – Proses pendataan ulang pedagang kaki lima (PKL) yang akan menempati kios di Skywalk Cihampelas ditargetkan selesai akhir Januari 2017. Sehingga, diharapkan Skywalk Cihampelas bisa digunakan dan diresmikan awal Maret 2017 mendatang.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil‎ mengatakan, saat ini pihaknya mulai melakukan penghitungan ulang jumlah PKL. Sebab, seringnya terjadi penambahan PKL jika ada isu relokasi mencuat ke tempat strategis. Untuk itu, dirinya memerintahkan bawahannya agar mengantisipasi  munculnya PKL ’siluman’ saat relokasi ke Skywalk Cihampelas.

”Pasti setiap ada relokasi jumlah PKL selalu bertambah. Agar hal ini tidak kembali terjadi kami akan terus melakukan pendatan para PKL yang memang berjualan di tempat yang akan direlokasi tersebut,’’ kata pria yang akrab disapa Emil kepada wartawan saat sidak Skywalk Cihampelas, belum lama ini.

Emil mengungkapkan, dalam memindahkan PKL tentunya pasti ada uji kekuatan atau pengetesan air, listrik dan sebagainya, karena ini sangat berguna bagi para PKL. Adapun jumlah PKL yang akan dipindahkan ke atas Skywalk ini berjumlah ratusan.

’’Kami sudah memikirkan dengan matang bagaimana kenyamanan lokasi baru yang akan ditempati setiap PKL,’’ jelas Emil.

Emil berharap, setelah dilakukan pemindahan ke lokasi baru, para PKL tersebut bisa merapat dan operasional perawatan bisa ditanggung para pedagang dengan asosiasinya. ‎Mulai dari kebersihan, listrik hingga maintenance Skywalk Cihampelas. Menurutnya, dalam hal ini Pemkot Bandung hanya menyediakan infrastrukturnya saja, dan selanjutnya dikerjakan mereka.

’’Di sini kan ada ruang komersialnya maka mereka harus mau menyisihkan sedikit dari keuntungan untuk uang kebersihan, uang listrik, uang maintenance dan lainnya,’’ harap Emil.

Lebih lanjut Emil menegaskan, nantinya keberadaan Skywalk Cihampelas bisa menjadi lokasi destinasi wisata baru di Kota Bandung. Selain area komersial, Skywalk Cihampelas juga memiliki area lain seperti tempat istirahat. Dengan demikian diharapakan keberadan Skywalk Cihampelas bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

”Mudah-mudahan keberadaan Skywalk Cihampelas bisa menjadi destinasi wisata baru di Cihampelas yang sudah dikenal sejak dulu sebagai lokasi wisata belanja,’’ pungkasnya. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan