Kukuhkan Kebangkitan Musik Rock

Supermusic.ID: Super Rawk Fest 2017

1
KOLABORASI: Tiga band rock lintas generasi saat manggung di Garut, Sabtu (26/3).

jabarekspres.com – KONSER Super Rawk Fest 2017 sukses menghentak para pecinta music rock di Lapangan Kerkoff, Jalan Merdeka, Kabupaten Garut, Sabtu (25/3) malam. Tiga grup band rock lintas generasi yakni God Bless, /rif dan Kotak sukses mengukuhkan kebangkitan musik rock di tanah air. Dalam konser yang diusung Supermusic.ID ini, ketiganya berhasil menawarkan konser rock syarat distorsi dan memuaskan dahaga belasan ribuan pecinta rock lokal.

SMID_SuperRawk_ICON -Ketiga band yang datang dari generasi 80 sampai 2000-an tersebut bersatu padu dalam satu panggung megah dengan kekuatan 200.000 watt. Alhasil, God Bless, /rif dan Kotak tampil gagah perkasa selama 2.5 jam tanpa jeda dengan lagu-lagu hits-nya. Ketiganya tampil silih berganti dengan alunan musik super kencang. Boleh dibilang, konser ini merupakan yang terbesar dan berbeda di tahun 2017. Karena tidak hanya dengan tampilan panggung yang megah dengan kualitas sound system yang mumpuni saja.

Namun, konser ini juga memadukan tampilan lighting serta multimedia yang menarik, yang tentunya memberikan paket maksimal tampilnya ketiga grup band papan atas tersebut. Belum lagi, selama 2,5 jam pula penonton tidak dibuat semenit pun menunggu lama untuk menyaksikan ketiganya. Tidak ada panggung kosong seperti konser pada umumnya saat bergulirnya penampil. Jadi, telinga dan mata penonton dimanjakan tanpa henti disepanjang malam.

Konser  Super Rawk Fest 2017 dimulai tepat pukul 20.00, dengan aksi band asal Jakarta, Kotak. Sejak kemunculannya para rocker muda itu mampu memanaskan penonton yang datang dari berbagai penjuru Jawa Barat. Lagu Indonesia Satu, Terbang, Rock Never Die, Tinggalkan Saja, menjadi empat sajian pertama yang menghentak, disusul kemudian dengan hits andalan lainnya, semisal Tendangan dari Langit hingga Beraksi.

Usai Kotak, panggung langsung diisi band rock yang sempat merajai era 90-an, asal Bandung, yakni /rif. Di bawah kendali sang vokalis, Restu Triandy atau populer dengan nama Andy /rif, band rock dengan tampilan khas ini membabi buta dengan nomor-nomor ganas macam Loe To Ye, Dunia, Jenny, single terbesarnya, Radja hingga lagu daur ulang milik Ikang Fawzi, Preman. Gestur dari para personel /rif yang eksentrik membuat penonton seakan enggan berdiam diri, mereka meresponnya dengan macam respon sepanjang pertunjukan, teriakan, nyanyian massal hingga bergoyang.

Selanjutnya giliran God Bless unjuk aksi. Achmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah (bass), Abadi Soesman (Keyboard) dan Fajar Satritama (drum) dengan anggun menaiki panggung, tanpa basa-basi, band yang sudah berdiri sejak 43 tahun lalu itu menggeber dengan hits Emosi. Ribuan orang bernyanyi, tua dan muda becampur jadi satu suara. Ditambah lagi mereka menyambutnya dengan lagu sulit berjudul ’Musisi’. Teriakan terdengar nyaring dari area penonton menandakan kepuasan.

Tanpa banyak bicara, Ahmad Albar sang frontman kemudian memberikan lagu berikutnya. Seperti Menjilat Matahari dan Rumah Kita. Ditemani cabikan bass dari jari Donny Fatah, aura bintang dari Ahmad Albar masih terlihat.  Ia pun dengan penuh semangat dengan leluasa menyajikan aksi panggung enerjik. Usia boleh terbilang uzur, namun Iyek, panggilan akrab Ahmad Albar, masih tetap jingkrak-jingkrak sembari menyanyi.

Ayah dari Fachri Albar ini juga tetap semangat berlari-lari di panggung. Setelah rampung dengan tembang Rumah Kita, God Bless memberikan sajian, Damai, sebuah lagu anyar. Penampilan God Bless pun semakin hidup. Usia tampaknya sama sekali tidak menjadi halangan, meskipun beberapa kali terlihat Achmad Albar berjalan gontai usai bernyanyi.

Band yang baru saja meluncurkan album ke 7 berjudul Cermin 7 ini sempat memudarkan Distorsi lewat babak akustik, Syair Kehidupan dan Panggung Sandiwara mengalun khidmat diiringi gitar akustik dari Ian Antono dan harmonisasi vokal dari seluruh personel. Kemudian sampailah pada puncaknya, Mega hits Semut Hitam menjadi suguhan terakhir.

Klimaks pun terasa dalam aksi ini karena tidak hanya membawa nostalgia kejayaan musik rock nasional, tapi juga menyatukan perbedaan dari antar generasi dan menciptakan sebuah kekuatan kesatuan yang utuh. Pasalnya, di momen ini God Bless tampil bersama /rif dan Kotak. Lagu Semut Hitam membuat penonton, pun berloncatan seraya bertepuk tangan.

Sebelum menutup konser malam itu, Ahmad Albar sempat mengungkapkan kekagumannya pada publik Garut. Apalagi ini merupakan lawatan konser pertama God Bless di Garut, selama mereka berkarir di industri hiburan puluhan tahun lalu. ”Garut luar biasa, terimakasih sudah memberi energi yang hebat buat kami,” kata iyek disambut riuh tepuk tangan audien.

Manager Marketing Services Supermusic.ID, RSO Bandung, Evodius Asihananta, didampingi oleh Supermusic.ID, DSO Garut, Ahmad Usmara, menjelaskan pihaknya mengaku sangat puas dengan gelaran Super Rawk Fest 2017.

”Kami sangat puas dengan Super Rawk Fest 2017 edisi Garut (perdana, red), responnya luar biasa, kami juga berharap untuk next (kota selanjutnya, karena masih tersisa 5 kota lagi) akan jauh lebih lagi dan pasti akan lebih gila. Untuk perform dari para penampil juga amat sangat sangat luar biasa, ditutup tadi dengan kolaborasi 3 band itu juga menjadi penutup yang manis,” kata pria yang akrab disapa Odi seraya menyebut. Artinya, pihaknya yakin dengan 3 penampil yang diusung dalam gelaran ini akan terus membuat penonton atau pecinta rock terus meningkat disetiap kotanya.

Hal senada juga diungkapkan Ahmad Usmara, ia pun mengaku puas.  ”Acara ini sukses besar dan terimakasih untuk masyarakat Garut yang telah mendukung acara ini, terimakasih juga untuk semua pihak yang terlibat demi kesuksesan acara. Di Garut sendiri ini sesuatu hal yang besar karena tiga bintang besar dalam satu acara baru pertama kali ini disini, God Bless juga baru pertam kali tampil di Garut, ini benar-benar sukses menghibur pencinta musik rock di Garut,” tegasnya.

Super Rawk Fest 2017 sendiri pada dasarnya merupakan festival yang mengimplementasikan hasrat para pecinta musik Rock dari berbagai segmentasi. Secara menyeluruh Super Rawk Fest 2017 menghadirkan 3 Super Band dari 3 generasi. Gelaran Super Rawk Fest 2017 digelar dengan berbagai rangkaian diantaranya proses audisi (Audisi Zona, Wilayah dan Distrik) di 16 Kota di Jawa Barat diantaranya: Bandung Kota, Bandung Timur, Bandung Barat, Banjar, Bogor, Cianjur, Cirebon, Garut, Jatibarang, Karawang, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang & Tasikmalaya.

Dari 16 Kota yang mengikuti tahapan audisi tersebut akan diambil 32 Group Band dan 18 Pemain Band Terbaik (Guitar Bass & Vocal). Sedangkan dari rangkaian Super Rawk Fest 2017, big bang concert nya akan mengunjungi 6 kota, dengan demikian setelah Garut (sebagai kota pertama) gelaran berlanjut ke 5 kota lain, yakni Cirebon, Lapangan Makorem, (Sabtu, 1 April), Banjar, Stadion Patroman, (Sabtu, 8 April), Cianjur, Lapangan Yonif 300 Rider, (Sabtu, 22 April), Purwakarta, Lapangan Yon Armed, (Sabtu, 29 April) dan Bandung, Lapangan Pussenif, (Sabtu, 13 Mei).

Di setiap kota tersebut, 6 Group Band Terbaik akan tampil di panggung utama dan 3 Pemain Band Terbaik akan berkolaborasi dengan bintang utama Super Rawk Fest 2017. Grup Band dan Pemain Band terpilih pada akhir perjalan festival ini akan diberikan Special Classing dari para mentor terpilih yang akan di tutup di kota Bandung pada tanggal 1 Mei 2017. (adv/fik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here