Kembangkan Budaya Sunda

jabarekspres.com, SUMEDANG – Lebih dari Lima ribu warga tumpah ruah menyaksikan gelaran acara bertajuk ”Pesta Rakyat Gelar Seni Budaya Panyan­greud Rasa, Sa Ati Jadi Hiji” di Lapang Pasir Waru Desa Sindang Pakuwon, Kecamatan Cimanggung, Jumat (5/5).

BUKAN RETRORIKA: Anggota DPR RI, Maruar Sirait memberikan sambutan dan menyebutkan jika kegiatan seni dan budaya yang digelar di Cimanggung tersebut merupakan jawaban dari keinginan para seniman untuk tampil karena minimnya event yang ada di Kabupaten Sumedang.
BUKAN RETRORIKA:
Anggota DPR RI, Maruar Sirait memberikan sambutan dan menyebutkan jika kegiatan seni dan budaya yang digelar di Cimanggung tersebut merupakan jawaban dari keinginan para seniman untuk tampil karena minimnya event yang ada di Kabupaten Sumedang.

Kegiatan yang diprakarsai Anggota DPR RI Maruarar Sirait SIP, dan Anggota DPRD Sumedang Dadang Rohmawan, SE itu pun mendapat apre­siasi dari para seniman tra­disional yang ada di Kabupa­ten Sumedang. Sedikitnya ada 16 komunitas seniman teru­tama seniman reak hadir dalam memeriahkan acara, selain itu ada juga penampi­lan kesenian songah (songsong citengah), calung, sisingaan dan jaipongan.

Menurut Maruarar kegiatan itu merupakan bagian dari menjawab aspirasi seniman yang mengaku di wilayahnya minim akan event. Bahkan kata Maruarar, tidak menutup kemungkinan kegiatan-kegi­atan serupa juga akan digelar di daerah lainnya di Sumedang, Majalengka dan Subang.

PROSESI SAKRAL: Anggota DPR RI, Maruar Sirait bersama Anggota DPRD Sumedang, Dadang Rohmawan disambut tarian sakral dengan membawa hanjuang.
PROSESI SAKRAL:
Anggota DPR RI, Maruar Sirait bersama Anggota DPRD Sumedang, Dadang Rohmawan disambut tarian sakral dengan membawa hanjuang.

”Saya mendengar dari komu­nitas, mereka banyak yang menyampaikan aspirasi ku­rangnya event-event. Karena buat apa kita turun ke rakyat kalau kita tidak menjawab dengan solusi-solusi. Karena perlunya event, makanya saya buat acara seperti ini, dan saya akan buat lagi acara-cara se­perti ini di banyak tempat,” tambah Maruarar .

kesenianKegiatan pengembangan budaya pun, lanjut pria yang sudah Tiga periode mewa­kili daerah pemilihan Su­medang, Majalengka dan Subang itu, merupakan ba­gian dari ajaran Bung Karno, Trisakti, berkpribadian dalam budaya.

”Sebagai anggota DPR RI, saya sangat ikhlas dan berke­wajiban dan sangat gembira mendukung itu. Saya mewa­kili Sumedang. Tentunya, semua kegiatan budaya dalam kegiatan-kegiatan saya di Su­medang, saya selalu ke de­pankan. Karena jangan hanya kita retrorika, sekarang harus ada langkah-langkah nyata.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan