Paguyuban Kawani Gelar Pesta Rakyat Ajak Generasi Muda Kenal Budaya Sunda

BOGOR, JABAR EKSPRES – Guna mengenalkan kembali kebudayaan Sunda Sendi Fardiansyah mengadakan Pesta Rakyat di Gang Mesjid Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Ketua Umum Paguyuban Kreatif Aktif Berwawasan dan Inovatif (Kawani) ini mengajak masyarakat khusunya anak muda agar mengenal budaya Sunda.

“Pesta rakyat ini mengedepankan kebudayaan sunda yang mana mungkin akhir-akhir ini masyarakat khususnya anak muda mulai melupakan,” katanya kepada media, Minggu (28/1).

Kata pemuda kelahiran 1988 ini antusias masyarakat cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan pesta rakyat yang diiringi dengan pertunjukan’bodoran’ (komedi).

Pesta rakyat itu juga disi dengan kesenian sunda yakin Reog, pembagian door prize dan iringan alunan lagu organ tunggal.

Selain itu, Sendi Fardiansyah yang digadang-gadang akan maju menjadi calon walikota Bogor itu berdialog dengan warga saat menghadiri acara tersebut.

BACA JUGA: Langkah-Langkah Bangkitkan Kesenian Sunda di Generasi Muda

“Alhamdulillah, walau suasana sempat hujan tapi disini saya merasakan kehangatan dengan sambutan warga yang sangat antusias. Ya, disini saya perkenalkan diri tentunya, supaya lebih mengenal saja, kan yang mereka tahu hanya ada di papan iklan saja. Jadi dalam agendanya saya berdialog langsung bersama warga,” tambahnya.

Pesta rakyat yang mengedepankan budaya Sunda ini akan rutin diadakan setiap minggunya dengan lokasi dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya.

Ajudan pribadi Ibu negara ini menambahkan, Kawani hadir ditengah masyarakat dengan tujuan untuk menghadirkan kembali kebudayaan Sunda baik dalam kesenian bodoran, Reog maupun yang lainnya.

“Insyallah rutin dari satu kecamatan ke kecamatan lain berkeling. Mudah mudahan nantinya 60 keluruahan bisa melaksanakan ini sebagai bentuk pelestarian terhadap budaya Sunda,” paparnya.

Sebagai informasi, “Kawani punya singkatan Kreatif Aktif Berwawasan dan Inovatif. Jadi wadah pemuda dalam kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA: Yayasan Margasatwa Tamansari Gelar Ngaruwat Jagat, Ngajaga Lembur: Haul Ema Bratakusuma Pendiri Kebun Binatang Bandung

Kawani juga jika diartikan dalam bahasa Sunda memilik arti ‘pemberani. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, Kawani punya makna ‘berkawan’ atau ‘berteman’. Jadi filosofinya pemberani, tapi berkawan dan berteman dengan semua.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan