Jatim Belajar TTG ke Alam Sari

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk mempelajari Teknologi Tepat Guna (TTG) Pemerintahan Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mendatangi kelompok usaha mandiri Alam Lestari Baleendah untuk mengetahui hasil karya alat pemusnah sampah.

Ketua Posyantek Kecamatan Baleendah Asep Deni mengatakan, pihaknya selalu terbuka bagi siapapun yang inagin mengetahu hasil karya alat pemusnah sampah skala kecil ini.

Menurutnya, kunjungan kerja ini harus menjadi momen bertukar pikiran dan pengalaman antara kelompok TTG Alam Lestari dengan Pemprov Jatim. Sehingga, nantinya ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama melakukan kunjungan kerja ini dapat diimplementasikan di Jatim.

Pihaknya sudah menjelaskan tehnik pembuatan alat pemusnah sampah tersebut sehingga berkat kerja keras dapat menjuarai TTG tingkat nasional pada baulan Oktober lalu.

Asep menuturkan, Alat pemusnah sampah ini telah diakui oleh pemerintah daerah dan nasional. Dan kegunaaannya sangat efektif dapat memusnahkan sampah skala kecil dengan cara dibakar tetapi polusi yang ditimbulkan sangat minim.

“Jadi alat ini , sangat cocok untuk skala kecil ditingkat kampung atau RT/RW.”ucap Asep.

Hal yang sama disampaikan Edy Wardiansyah ketua kelompok alam lestari, Tim alam lestari sudah berhasil menciptakan
beberapa alat pemusnah sampah yang mengikuti standar pemerintah. Bahkan, membawa nama baik pemerintah daerah

Menurutnya, diciptakannya alat pemusnah sampah ini berdasarkan kepedulian kami terhadap lingkungan, khususnya tentang penangan sampah yang selama ini menjadi problem pemerintah.

Dirinya optimis, beberapa tahun kedepan tidak akan adalagi masyarakat yang mengeluhkan tentang tumpukan sampah liar.
Namun, untuk memproduksi alat ini secara masal butuh dukungan besar dari semua pihak termasuk Pemkab Bandung.

“Alat ini sebetulnya sangat cocok digunakan untuk pembakaran skala kecil dan kami juga sudah melakukan beberapakali penyempurnaan, tinggal produksi perlu diperbanyak,”harap Edy (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan