Gubernur Tekan MoU Geopark Ciletuh

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Pemprov Jawa Barat melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) bersama sejumlah perusahaan (BUMN maupun swasta). Komitmen bersama itu sengaja dibentuk untuk proses pengembangan Geopark Cciletuh.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, sejumlah perusahaan sudah menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung berkembangnya kawasan Geopark Cileutuh. Di antaranya, bank bjb, PT PLN, Perhimpunan Pengelola Pariwisata, dan perhotelan.

”Ini sebagai tahap awal komitmen ini sebagai wujud dari berbagai pihak untuk ikut mendorong pengembangan Cileutuh,” jelas Heryawan usai penandatanganan di Gedung Sate, kemarin (27/2).

Selain itu, kerjasama ini juga sebagai penilaian kesiapan Geopark Nasional Ciletuh Pelabuhan Ratu (GNCP) untuk menjadi Unesco Global Geopark (UGG). Sebab dalam klausul persyaratan seluruh fasilitas pada objek wisata ini harus sudah siap.

Dengan demikian, dia menilai persyaratan yang diberikan oleh tim assesor dari Unesco kini semakin lengkap. Menyusul beberapa hal yang berkenaan dengan infrastruktur sedang digenjot pembangunannya.

”Sekarang semakin lengkap, sudah ada beberapa yang sudah memenuhi dan sedang dibangun,” ungkapnya

Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan Geopark partner untuk melakukan kerjasama dengan akademisi dari Unpad dalam melakukan riset akademik. Sehingga pada pengelolaan nanti pariwisata ini agar lebih terarah dengan baik.

Di dalam MoU, kata dia, tersebut juga dilakukan kerjasama dengan dua geopark lainnya di Indonesia yang telah menjadi UGG. Di antaranya dengan Geopark Gunung Batur dan Geopark Gunung Sewu. Ini sebagai bagian dari peran penetapan Geopark Ciletuh menjadi UGG ketiga untuk Indonesia.

”Cilteuh ini bukan satu-satunya yang didelegasikan. Dengan dua UGG ini kita harapkan kerjasamanya,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Aher tersebut menambahkan, dengan MoU yang dilakukan pihaknya bersama lembaga-lembaga pendukung, Geopark partner dipastikan persiapan Geopark Ciletuh menjadi semakin lengkap. Ke depan, Pemprov akan menambah jumlah partner dari perbankan. Sebab, saat ini baru bank bjb yang meneken MoU. ”Yang jelas, syarat geopark dari Unesco sudah kita selesaikan,” ujarnya.

Aher menegaskan, sebagai sarana penunjang akses ke kawasan Ciletuh pebangunan infrastruktur jalan saat ini sudah dilakukan. Dia juga memastikan, infrastruktur terus ditambah termasuk berbagai akses menuju objek wisata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan