BPOM Minimalisir Penyalahgunaan Obat

bandungekspres.co.id, BOJONG LOA KALER – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) menggelar sosialisasi tentang peraturan Kepala BPOM Nomor 7 tahun 2016. Selain itu, BPOM juga menggelar pelatihan proses pelaporan golongan obat obatan tertentu untuk sarana pelayanan.

Kasubdit Pengawasan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif Badan POM Pusat Lia Marliana Apt MKes mengatakan, aturan ini dibuat dengan latar belakang untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan atau penggunaan yang salah atas obat-obat. Untuk itu, perlu dilakukan pengawasan yang lebih ketat.

Selain itu, obat yang sering disalahgunakan ini perlu dikelola dengan baik oleh industri farmasi, pedagang besar farmasi, apotek, instalasi farmasi rumah sakit, dan instalasi farmasi klinik.

”Peraturan ini diterapkan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan kebocoran pada penggunaan di atas dosis terapi,” katanya kepada wartawan di Grand Pasundan Bandung.

Lia mengungkapkan, dalam aturan ini pula dijelaskan secara detil mengenai pengadaan, penyimpanan, pembuatan, penyaluran, penyerahan, penanganan obat kembalian, penarikan kembali obat (recall), pemusnahan, pencatatan dan pelaporan berkaitan dengan obat ini.

Selain itu, diinformasikan pula mengenai sanksi yang diberikan bagi yang tidak mengikuti aturan baru ini berupa pidana maupun sanksi administratif.

”Kalau industri farmasi, PBF, apotek, instalasi farmasi rumah sakit, dan instalasi farmasi klinik tidak mengindahkan maka alam diberikan sanksi,” jelas Lia.

Sementara itu, Area Manager PT Bintang Toedjoe Sudaryanto mengajak para peserta yang ikut pada kegiatan tersebut untuk meracik produk terbaru PT Bintang Toedjoe. Yakni, Komik Herbal Lemon dan Komik Lo Han Kuo. Caranya, dengan menyiapkan bahan Komik Lo Han Kuo serta biji selasih dan cincau.

”Komik Lo Han Kuo ini sangat segar dan mantap rasanya. Obat herbal ini juga bisa disajikan dengan menggunakan air panas maupun dengan air dingin,” ucap Tanto.

Tanto menjelaskan, cara menyeduh Lo Han Kuo ini dengan menggunakan air hangat dalam satu gelas, lalu memasukan biji selasih dan cincau yang sudah dipotong secukupnya. Ini sangat cocok untuk atasi panas dalam dan gangguan tenggorokan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan