Aneka Kegiatan KONCER FEST Warnai WJF 2023

JABAR EKSPRES – West Java Festival (WJF) 2023 bena-benar menjadi ajang partisipasi aktif semua elemen masyarakat. Semua stakeholder terlibat. Bukan hanya keterlibatan pelaku ekonomi saja, konsumen sebagai penggerak ekonomi pun dilibatkan untuk benar-benar menjadi konsumen yang cerdas dalam berbelanja.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) merangkaikan event KONCER FEST (Konsumen Cerdas Festival) pada WJF 2023. Mengusung tema utama edukasi konsumen cerdas dan perlindungan konsumen lewat CEKAS (Cinta Belanja Karya Asli Jawa Barat), KONCER FEST yang berpusat di Lapangan Gasibu Bandung 2-3 September, bertujuan mempromosikan pemahaman tentang hak-hak konsumen dan memberikan wadah bagi masyarakat untuk memahami lebih dalam mengenai implementasi Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen di Indonesia.

BACA JUGA: Dorong Pemberdayaan Wisata, Ekonomi Kreatif Hingga UMKM, bank bjb Dukung Gelaran West Java Festival 2023

Diawali dengan Festival Zumba bersama warga masyarakat dipandu Lisa Natalia juga Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja diikuti para Kepala Dinas di Lingkungan Pemprov Jabar, juga Ibu Atalia Praratya yang dinobatka sebagai Duta Konsumen Cerdas Jawa Barat dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia. Penyematan gelar diberikan langsung oleh Staf Ahli Bidang Pengamanan Pasar Kementerian Perdagangan RI Moga Simatupang. “Saya merasa tersanjung karena saya dinobatkan sebagai duta konsumen cerdas. Kenapa ini sesuai sekali? Karena kalau saya sedang belanja, itu selalu saya cek dan ricek dulu,” katanya.

Ketika menerima penyematan selendang Duta Konsumen Cerdas, Ibu Cinta, panggilan akrab istri Gubernur Ridwan Kamil ini mengedukasi para peserta Zumba yang hadir utamanya ibu-ibu mengenai bagaimana cara menjadi konsumen yang teliti sebelum membeli sebuah produk yang dijajakan oleh pembeli. “Saya sebagai ibu, biasanya kalo saya membeli sesuatu contohnya makanan, itu saya selalu lihat dulu yang pertama adalah kemasannya itu harus baik. Kalo kemasannya sudah rusak berarti jangan dibeli karena bisa jadi di dalamnya rusak. Yang kedua liat labelnya. Di label biasa ada komposisinya, tulisan halalnya, expired-nya, terus harus ada BPOM-nya dan PIRT-nya. Kalo untuk pakaian harus dilihat ukurannya, bahannya, dan harganya,” jelasnya. Ibu Cinta pun memberikan hadiah doorprize kepada peserta yang menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan