Siaga Jelang Libur Akhir Tahun

bandungekspres.co.id – Puluhan bus disiagakan dalam rangka antisipasi lonjakan penumpang di musim liburan akhir tahun. Kepala Terminal Leuwipanjang Erick Sudjana menyebut, sekitar 50 bus cadangan akan disiapkan bagi para calon penumpang.

’’Kami sudah mengantisipasi untuk masa liburan panjang terkait Natal dan tahun baru. Sudah disiapkan 50 bus cadangan sebagai armada tambahan,” klaim Erick, kemarin.

Akhir tahun 2015 memiliki libur panjang, Kamis 24 Desember (Hari Maulid Nabi Muhammad SAW) dan Jumat 25 Desember (Hari Raya Natal). Belum ditambah dengan Tahun Baru.

Erick meneruskan, jumlah armada reguler yang disiapkan pada momen tersebut sebanyak 978 unit bus. Dengan rincian, 478 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 500 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Meski begitu, pihaknya bakal maksimalkan armada yang ada terlebih dahulu. ’’Nah, kalau ternyata ada penumpukan penumpang, trayek yang kosong diperbantukan ke trayek ramai,” sahutnya.

Libur panjang tidak dipungkiri Erick kerap berpengaruh pada kenaikan jumlah penumpang. Dibandingkan hari-hari biasa, penumpang saat liburan selalu alami peningkatan. ’’Tapi peningkatan angkanya tak terlalu jauh. Paling cuma 20 sampai 30 persen. Hari biasa itu ada di angka 10 ribu penumpang,’’ terangnya.

Sedangkan Terminal Cicaheum tidak miliki persiapan khusus jelang libur panjang. Bus cadangan yang disiagakan tak sebanyak Terminal Leuwipanjang.

Kepala Terminal Cicaheum Abdul Haris menukas, hanya menyediakan 20 bus cadangan dalam antisipasi lonjakan penumpang. Oleh karenanya, bus reguler untuk AKAP dan AKDP tetap dimanfaatkan. Bus AKAP yang disediakan sebanyak 93 unit, sedangkan bus AKDP 119 unit.

’’Dengan 20 bus cadangan, total armada yang kita siapkan sebanyak 212 unit,” pungkas Haris. (edy/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan