Meriam Jaga Peluang Juara

Arsenal 2 vs 1 Manchester City

Apa jadinya Arsenal tanpa Mesut Oezil musim ini? Pertanyaan ini tentu pantas diajukan jika melihat betapa krusial perannya sebagai otak permainan Arsenal. Termasuk, dua assist yang mengantarkan Arsenal menang atas Manchester City 2-1 di Emirates Stadium dinihari kemarin.

Sebab, dengan dua umpannya yang mampu dimaksimalkan oleh Theo Walcott (33’) dan Olivier Giroud (45’) membuat Oezil telah mengoleksi 15 assist di Premier League sepanjang musim 2015/2016 ini.

Jumlah itu sama dengan yang ditorehkan oleh winger Manchester City David Silva ketika membawa City juara di musim 2011-2012. Namun, Oezil melakukannya ketika musim ini masih berjalan selama 17 pertandingan.

Karena itu, dengan sisa 19 laga, gelandang timnas Jerman berusia 27 tahun itu berpeluang untuk mendekati rekor striker legendaris Arsenal Thierry Henry ketika mencetak 20 assist di musim 2002-2003.

Semakin cemerlangnya performa Oezil seakan membungkam kritik ketika didatangkan dari Real Madrid dengan banderol 42,4 juta poundsterling (sekitar Rp 863,60 miliar) 2013 lalu. Ketika itu, banyak yang mengatakan bahwa Arsenal melakukan pemborosan karena Oezil selama ini dikenal sebagai pemain egois dan malas ketika berlatih.

’’Dia semakin dewasa dan semakin matang ketika mengambil tanggung jawab,” puji manajer Arsenal Arsene Wenger sebagaimana dilansir Daily Mirror. ’’Aku pikir penampilan Oezil saat ini dibangun oleh kemampuan fisik serta komitmennya,” lanjutnya.

Menurut Wenger, performa Oezil di laga kemarin layak mendapat kredit lebih lantaran gelandang yang mengantarkan The Gunners, julukan Arsenal, menjadi kampiun Piala FA dalam dua musim terakhir itu baru saja pulih dari sakit.

’’Dia terserang infeksi dada sehingga harus beristirahat selama seminggu ini,’’ ungkap Wenger. ’’Akibatnya, dia hanya menjalani satu kali sesi latihan. Untuk pemain yang kurang mempersiapkan diri, apa yang ditunjukkan fisiknya sangat menakjubkan,’’ papar pelatih asal Prancis tersebut.

Selain Wenger, Walcott juga memuji performa pemain yang memulai karir profesional bersama Schalke 04 itu. ’’Hal positif dari Mesut adalah dia mampu melihat hal yang tidak bisa dilihat oleh pemain lain,’’ tuturnya kepada The Sun.

’’Dia (Oezil) tahu apa yang harus dilakukan, dan ketika Anda memiliki pemain spesial yang mampu menyediakan momen spesial, hal ini membuat tugas menjadi lebih mudah,’’ imbuh Walcott yang saat ini telah mengemas tiga gol dari 11 laga di Premier League itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan