Logistik Pilkada Kabupaten Bandung Baru 35 Persen, Kotak dan Bilik Suara Alami Kerusakan

JABAR EKSPRES – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar tanggal 27 November 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menyebut persiapan logistik masih belum terpenuhi seluruhnya.

Kepala Bagian (Kabag) Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kabupaten Bandung Dheny Irawan mengatakan untuk kedatangan logistik pemilu di tahap awal memang sudah terpenuhi.

“Seperti Kotak Suara, Bilik Suara, Tinta, Segel dan Kabel Visit. Logistik tahap awal yang sudah terpenuhi dan kini disimpan di Gudang KPU di Jalan Raya Kopo-Katapang,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (24/10).

Namun kata Dheny untuk keseluruhan logistik tersebut baru mencapai angka 35 persen.

BACA JUGA: Usai OTT PN Surabaya, Kejagung Tetapkan 3 Hakim Vonis Bebas Ronald Tannur sebagai Tersangka Suap

“Kemudian logistik lainnya seperti surat suara untuk pemilihan Bupati, sampul-sampul, sebagian formulir juga sudah tersedia. Nah untuk kegiatan selanjutnya seperti Sortir itu kita masih menunggu datanya surat surat suara pemilihan Gubernur, jadi kesimpulannya saat ini logistik di gudang KPU untuk Pilkada baru 35 persen,” jelasnya.

Dheny menargetkan, untuk pemenuhan logistik pada Pilkada Kabupaten Bandung bisa terpenuhi pada akhir Oktober nanti.

Sejauh ini logistik yang sudah ada di Gudang KPU, kata dia, ada beberapa item yang mengalami kerusakan seperti kotak suara yang rusak dan tinta yang bocor.

“Iya ada 8 kotak suara yang rusak, 13 bilik suara dan 507 tinta mengalami kebocoran,” tambahnya.

BACA JUGA: Aplikasi SAI Versi 2 Baru Rilis, C3 AI Investasi Dolar Benarkah Aman dan Bakal Jangka Panjang?

Menurutnya, beberapa item yang rusak tersebut nantinya akan ditukarkan. KPU Kabupaten Bandung, akan membuat berita acara yang nantinya akan diberikan ke pihak penyedia pabrik untuk meminta pengganti.

“Nah setelah seluruh item logistik untuk Pilkada komplit, nanti bakal melakukan beberapa langkah. Mulai dari tata kelola, setting per-TPS , kemudian packing per-TPS, selanjutnya memasukan surat suara ke kotak suara dan melakukan penyegelan untuk selanjutnya didistribusikan untuk setia Kecamatan,” katanya.

Adapun untuk pendistribusian itu rencananya ditargetkan tanggal 14 November, namun demikian pihaknya masih nunggu terlebih dahulu barang-barang lengkap.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan