Haru Suandharu Tegaskan Keberpihakan Pengembangan Budaya, Visi Bandung Kota Kreatif Dunia

JABAR EKSPRES – Calon Wali Kota Bandung Haru Suandharu menegaskan keberpihakannya terkait pengembangan budaya di Kota Bandung. Itu disampaikan dalam diskusi budaya yang dilakukan di Kampung Pasirjati, Ujungberung, Kamis (24/10).

Sebelum ke ruang diskusi, Haru juga disambut Kesenian Benjang. Salah satu kesenian Sunda yang kini masih lestari.

Dalam kesempatan itu, Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Unisba, Weishaguna mengungkapkan sejumlah permasalahan kurang berkembangnya sektor budaya di Bandung. Pertama adalah terkait managemen dari pelaku seni dan budaya yang perlu dibenahi.

BACA JUGA: Pastikan Penerimaan PPPK Sesuai Regulasi, Komisi I DPRD Kota Bogor Wanti-wanti BKSDM

Berikutnya terkait kemasan budaya yang memang butuh dipoles agar lebih menarik lagi bagi masyarakat.

“Lalu sarana pertunjukan dan pengasahan yang kurang,” cetus pria yang juga fokus pada urusan kebudayaan itu.

Weishaguna melanjutkan, pihaknya tidak menampik bahwa sudah terdapat beberapa ruang publik di Kota Bandung yang bisa digunakan untuk pentas budaya. Misalnya saja di Kota Bandung wilayah timur ada Alun – Alun Ujungberung ataupun Ruang Publik Pasirkunci.

BACA JUGA: Setengah dari Total Anggota DPRD Banjar Absen Saat Cek Urin Narkoba

“Tapi kan juga belum diintegrasikan,” cetusnya.

Menurut Weishaguna, yang butuh dilakukan pemerintah daerah dalam upaya pengembangan budaya di Kota Bandung saat ini adalah dukungan untuk sarana pengasahan atau pelatihan di tingkat wilayah. Bahkan jika perlu sampai tingkat RW.

Itu dinilai akan banyak memacu budaya – budaya di Kota Bandung berkembang. Termasuk upaya regenerasi. “Sebenarnya bisa mengoptimalkan program PIPPK,” cetusnya.

BACA JUGA: Kisruh Progam JFLS 2024, Guru Besar UPI Tekankan Hal Ini pada Pemprov Jabar

Merespon hal tersebut, Haru Suandharu menegaskan bahwa dirinya membawa visi Bandung Kota Kreatif Dunia. Artinya sudah pasti bakal menampung dan memperjuangkan pengembangan karya kreatif daerah. Termasuk di dalamnya warisan budaya.

Haru melanjutkan, untuk mencapai Kota Kreatif Dunia maka perlu sejumlah pembenahan. Tidak terkecuali dari urusan pengembangan budaya tersebut.

“Kami benahi dari unsur managerialnya, sarana, hingga persoalan pembinaannya,” cetusnya.

BACA JUGA: Ingin Mengajukan KPR di Bank BRI, Ini Panduan Lengkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan