Jaga Kualitas dan Performa Sepeda Motor Anda dengan Servis Rutin

Ketika menentukan waktu penggantian oli, banyak orang menggunakan jarak tempuh kilometer sebagai acuan. Namun, masa pemakaian mesin juga perlu diperhatikan. Saat terjebak macet, meskipun jarak tempuh tidak bertambah, mesin tetap bekerja dan oli tetap bersirkulasi. Oleh karena itu, jika Anda sering berkendara di daerah yang rawan macet, sebaiknya gunakan usia mesin sebagai acuan untuk mengganti oli, bukan hanya kilometer.

Setiap sistem bahan bakar kendaraan dilengkapi dengan filter udara yang berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran sebelum masuk ke mesin. Kondisi filter udara sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar dan performa mesin. Saat servis, filter udara akan diperiksa, dan jika sudah kotor, bisa dibersihkan atau diganti jika kondisinya tidak layak pakai.

Masalah lain yang sering dirasakan adalah munculnya suara kasar dari mesin sepeda motor. Jika Anda mendengar suara aneh seperti berisik, ketukan, atau suara yang lebih kasar dari biasanya, hal ini bisa menjadi tanda ada masalah pada mesin atau transmisi yang memerlukan perawatan segera.

“Servis berkala adalah kunci untuk menjaga sepeda motor tetap dalam kondisi optimal. Jangan tunda servis hingga masalah memburuk. Terlebih lagi, jika sepeda motor Anda masih baru atau dalam masa garansi, tidak melakukan servis rutin sesuai ketentuan pabrikan dapat membuat garansi hangus,” ujar Ade.

Saat ini, bengkel resmi Honda atau AHASS tersebar luas untuk memenuhi kebutuhan servis, dengan mekanik yang ahli dan penggunaan suku cadang asli untuk memastikan kualitas terbaik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan