Jaga Kualitas dan Performa Sepeda Motor Anda dengan Servis Rutin

JABAR EKSPRES – Untuk menjaga sepeda motor tetap dalam kondisi optimal, sangat penting untuk memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan perlunya servis berkala sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan. Servis rutin tidak hanya memastikan kinerja motor tetap prima, tetapi juga memperpanjang usia komponen serta meningkatkan keselamatan berkendara.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, “Mengabaikan servis berkala dapat berdampak buruk, seperti menurunnya performa mesin, boros bahan bakar, kerusakan komponen penting, sehingga berpotensi menyebabkan biaya perbaikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, servis rutin berperan penting dalam menjaga performa mesin tetap optimal, mencegah kerusakan serius, dan memperpanjang umur sepeda motor.”

Jika sepeda motor tidak diservis secara rutin, beberapa masalah dapat timbul, seperti motor yang sulit dihidupkan, terutama di pagi hari. Hal ini bisa disebabkan oleh busi yang kotor atau sistem bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik.

Menurunnya kualitas pembakaran di ruang bakar mesin dapat menyebabkan kotoran menumpuk pada sistem bahan bakar dan ruang bakar jika tidak dirawat dengan baik. Akibatnya, pembakaran menjadi tidak sempurna, yang sering ditandai dengan keluarnya asap hitam dari knalpot, pembakaran yang tidak efisien, serta penurunan tenaga motor.

Selain itu, baterai pada sepeda motor memiliki peran vital dalam sistem kelistrikan. Jika tidak diperiksa secara berkala, baterai bisa cepat habis atau rusak. Baterai yang lemah akan membuat lampu-lampu redup, klakson tidak nyaring, dan motor menjadi sulit dihidupkan, terutama karena saat ini semua sistem sudah terintegrasi dengan ECU, yang sumber energinya bergantung pada baterai.

Hal lain yang sering dirasakan, bahkan terlihat pada panel meter, adalah peningkatan konsumsi bahan bakar. Jika sepeda motor terasa lebih boros dari biasanya, kemungkinan ada masalah pada karburator, injektor bahan bakar, atau filter udara yang tersumbat. Semua ini memerlukan pemeriksaan, dan mungkin juga penggantian komponen.

Selain itu, mesin sepeda motor akan bekerja optimal jika menggunakan oli sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan. Mengganti oli secara rutin adalah salah satu bentuk perawatan penting yang tidak hanya memperpanjang umur mesin, tetapi juga membuat kinerja mesin lebih optimal, sehingga tarikan mesin terasa lebih ringan. Fungsi oli pada mesin sepeda motor selain sebagai pelumas utama juga untuk menyebarkan panas ke seluruh bagian mesin dan menjaga kebersihan mesin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan