Cek Penerima Bantuan PIP Kemendikbud Cair Oktober 2024, Ini Besaran Uangnya

JABAR EKSPRES – Segera cek penerima bantuan Program Indonesia Pintar atau PIP Kemendikbud yang cair Oktober 2024, ini besaran uang yang akan didapatkan siswa.

Awal Oktober 2024, Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) dijadwalkan kembali cair.

Program ini merupakan bantuan dana pendidikan yang bertujuan untuk membantu siswa yang kurang mampu agar tetap bisa melanjutkan pendidikan dan mencegah putus sekolah.

PIP Kemendikbud 2024 difokuskan pada siswa dengan usia 6-21 tahun yang memenuhi syarat tertentu, seperti terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial atau dinyatakan layak menerima bantuan dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah.

BACA JUGA: Bansos KLJ Tahap 4 Dijadwalkan Cair Hari ini 19 Oktober 2024? Cek Nama Penerima Pakai NIK KTP

Bagi siswa yang terdaftar sebagai penerima PIP Oktober 2024, pencairan dana dilakukan melalui buku tabungan SimPel atau Kartu Debit ATM yang telah diberikan sebelumnya.

Status penerima dan pencairan dapat dicek secara online, sehingga siswa dan orang tua dapat mengetahui kapan dana akan cair dan jumlah yang akan diterima.

Cara Cek Penerima PIP Kemendikbud Oktober 2024

Untuk memudahkan pengecekan status penerima PIP, Kemendikbud menyediakan layanan online yang dapat diakses melalui HP atau perangkat lain.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek penerima PIP Kemendikbud Oktober 2024:

1. Kunjungi laman resmi PIP Kemendikbud dengan mengakses situs kemdikbud.go.id.

2. Cari kolom “Penerima PIP” yang tertera di halaman utama, temukan dan klik kolom yang bertuliskan “Penerima PIP.”

3. Masukkan data siswa seperti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) penerima bantuan.

4. Setelah mengisi data, masukkan hasil penjumlahan angka yang tertera di layar untuk verifikasi.

5. Klik tombol “Cari”:
Setelah data diisi dengan benar, klik tombol “Cari,” dan sistem akan menampilkan informasi terkait status penerima PIP siswa.

BACA JUGA: Info Penarikan Dana Grapix AI, Apakah Member Bisa WD Malam Ini?

Jika siswa dinyatakan sebagai penerima, mereka bisa segera mencairkan dana PIP melalui Bank penyalur yang telah ditentukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan