Semarak Happy World Dolphin Day 2024 di Taman Safari Bogor, Buruan Pesan Tiketnya

JABAR EKSPRES – Tahukah kamu jika setiap 12 September diperingati sebagai World Dolphin Day? Hari Lumba-lumba Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2022 melalui upaya dan dukungan Sea Shepherd Global.

Acara ini diadakan untuk menghormati pembantaian cetacea (keluarga mamalia laut termasuk lumba-lumba, paus, dan pesut) paling mengerikan di dunia yang pernah tercatat dalam sejarah. Pada tanggal 12 September 2021, lebih dari 1400 lumba-lumba dibunuh di Kepulauan Faroe sebagai bagian dari tradisi budaya.

Sejak pembantaian itu, Pemerintah Kepulauan Faroe telah diawasi ketat atas praktik brutal ini. Meskipun mereka telah menetapkan batasan sementara pada jumlah lumba-lumba sisi putih yang dapat dibunuh selama tradisi perburuan “grind” ini, batasannya tetap sangat longgar dan ini dianggap oleh banyak orang sebagai tindakan yang sia-sia. Para pendukung lumba-lumba percaya bahwa praktik ini sangat kejam dan ketinggalan zaman dan harus dihentikan sama sekali.

BACA JUGA: Aplikasi Grapix AI Diduga Bakal SCAM Seperti XFA AI, WA Grup Sudah Mulai Menghilang

Hari Lumba-lumba Sedunia merupakan waktu yang penting untuk meningkatkan kesadaran tentang nasib makhluk laut yang agung ini, terutama karena statusnya yang terancam punah akibat aktivitas manusia.

Salah satu faktor terpenting tentang Hari Lumba-lumba Sedunia adalah upaya untuk mengurangi jumlah pembunuhan lumba-lumba dan paus yang tidak perlu selama tradisi Kepulauan Faroe yang disebut “grind”. Mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang tradisi ini dan upaya untuk menyelamatkan lumba-lumba dapat menghubungi Stop the Grind atau memberikan donasi.

Beberapa fakta menarik Limba-lumba di antaranya:

  • Lumba-lumba hanya tidur dengan separuh otaknya. “Tidur gelombang lambat unihemispheric” ini berarti mereka tidur dengan separuh otaknya dan menutup mata yang berlawanan, sehingga mereka tetap dapat memantau lingkungan sekitar. Setiap sisi otak tidur sekitar empat jam setiap hari.
  • Lumba-lumba dapat berenang dengan sangat cepat. Jika mereka sedang terburu-buru atau mencoba menjauh dari sesuatu yang berbahaya, lumba-lumba tercatat dapat berenang hingga 25 mil per jam.
  • Sebagai mamalia, lumba-lumba menghirup udara dari atas permukaan air. Namun, mereka dapat menahan napas lebih lama daripada manusia. Kebanyakan lumba-lumba dapat dengan mudah bertahan di dalam air selama 8-10 menit dan beberapa spesies dapat bertahan hingga 15 menit sebelum muncul ke permukaan untuk mengambil napas.
  • Lumba-lumba adalah makhluk sosial yang sangat cerdas. Mereka hidup dalam kelompok yang terkadang berjumlah ribuan dan sering saling membantu saat berburu. Mereka juga memiliki ikatan kekeluargaan jangka panjang, di mana seekor anak lumba-lumba tinggal bersama induknya hingga tujuh tahun, yang merupakan hal yang langka di dunia hewan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan