PT Kewalram 2 di Cimanggung Sumedang Dilahap Si Jago Merah, Pihak Pabrik Klaim Tak Ada Korban

JABAR EKSPRES – Si jago merah mengamuk di area gudang kapas milik PT Kewalram 2 yang berlokasi di Dusun Cikadaton, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, kebakaran gudang pabrik tersebut, pertama kali terlihat warga sekira pukul 02.53 WIB pada Kamis, 5 September 2024 dini hari.

Kobaran api dengan cepat menyebar, membakar sebagian besar area gudang. Kebakaran ini memicu aksi cepat dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang dikerahkan dari dua kabupaten, yaitu Sumedang dan Bandung.

Komandan regu Damkar dari Cicalengka, Kabupaten Bandung, Maman Supriatna, mengonfirmasi kejadian tersebut.

BACA JUGA:Gudang Kapas PT Kewalram 2 di Cimanggung Sumedang Terbakar Hebat, BPBD Sebutkan Kendala Pemadaman

Menurutnya, tim Damkar telah berupaya sejak dini hari dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam beserta 14 personel ke lokasi kebakaran.

“Kami mendapat informasi adanya kebakaran sekitar pukul 02.53 WIB dini hari dan langsung bergerak ke lokasi,” katanya, Kamis (5/9).

Dari keterangan di lapangan, api terus menyala di area yang diduga menyimpan sejumlah besar bahan mudah terbakar.

Angin kencang yang bertiup di sekitar lokasi memperparah situasi, membuat api sulit dikendalikan meskipun berbagai upaya pemadaman terus dilakukan.

“Tantangan terbesar dalam memadamkan api adalah area yang luas serta jumlah kapas yang tersimpan di dalam gudang, yang menjadi bahan bakar alami bagi api,” tutup Maman.

BACA JUGA:Hutan di Kawasan Gunung Tangkuban Parahu Kebakaran

Sementara itu, General Affair PT Kewalram Indonesia, Iwa K mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan sumber penyebab kebakaran tersebut.

“Sejauh ini, kami belum mengetahui pasti dari mana asal api. Masih dalam tahap pengecekan,” katanya saat diwawancarai.

Iwa menyampaikan, meski sebagian area gudang pabrik terbakar cepat, namun dirinya masih bersyukur tak ada korban, alias seluruh pekerja selamat dari insiden amukan si jago merah.

“Alhamdulillah, semua pekerja selamat. Yang terbakar hanya gudang kapas,” pungkasnya. (Bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan