Fungsi dan Cara Kerja Rem ABS dan CBS di Sepeda Motor Honda

JABAR EKSPRES – Fitur dan teknologi penunjang keselamatan berkendara terus berkembang, terutama pada sistem pengereman sepeda motor. Pada sepeda motor Honda, sistem pengereman telah dilengkapi dengan fitur Anti-lock Brake System (ABS) dan Combi Brake System (CBS).

Meskipun keduanya berfungsi untuk meningkatkan keamanan saat pengereman, ABS dan CBS memiliki perbedaan penting. ABS bekerja secara elektronik untuk mencegah ban mengalami slip saat pengendara melakukan pengereman mendadak atau panic braking. Sementara itu, CBS bekerja secara mekanis untuk mengoptimalkan pengereman dengan mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan.

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, menjelaskan, “Teknologi ABS dan CBS yang diterapkan pada sepeda motor Honda dirancang untuk memberikan tingkat keselamatan yang lebih tinggi bagi pengendara, terutama dalam menghadapi kondisi jalan yang tidak terduga.”

Fungsi dan Cara Kerja Rem ABS

ABS berfungsi untuk menjaga agar ban motor tidak terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak, sehingga risiko tergelincir akibat penguncian roda dapat dihindari. Fitur ini bekerja berdasarkan sensor kecepatan roda (wheel speed sensor) yang mendeteksi ketika roda berhenti berputar sementara motor masih melaju.

Informasi dari sensor tersebut dikirim ke dan diproses oleh Electronic Control Unit (ECU). ECU kemudian memerintahkan ABS modulator untuk mengatur tekanan fluida di dalam kaliper, yang berfungsi memberikan tekanan pada cakram. Saat roda mulai terkunci, ABS modulator akan mengurangi tekanan fluida. Setelah penguncian roda berkurang, ABS modulator kembali meningkatkan tekanan fluida untuk memulihkan pengereman. Proses ini terjadi berulang kali dalam hitungan sepersekian detik.

Saat tuas rem ditarik, tekanan fluida ke kaliper akan sangat kuat. Proses pengurangan, penahanan, dan peningkatan tekanan fluida ini berlangsung sangat cepat, sekitar 15-50 kali per detik, sehingga roda tidak akan terkunci saat pengereman mendadak.

Fungsi dan Cara Kerja Rem CBS

Lalu, bagaimana cara kerja sistem pengereman CBS? Sistem ini dirancang untuk memperpendek jarak pengereman dengan mengkombinasikan rem belakang dan depan. Dengan CBS, rem belakang dan depan akan bekerja bersamaan meskipun pengendara hanya menarik satu tuas rem saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan