Sebanyak 10 Orang Terjatuh dari Perahu di Situ Cileunca Bandung, 1 Korban Meninggal Dunia

JABAR EKSPRES – Sebanyak 10 orang terjatuh dari perahu saat berada di Situ Cileunca, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, insiden terjatuhnya 10 orang dari atas perahu saat berada di tengah danau itu, terjadi sekira pukul 8.00 WIB.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung, Mochamad Adip membenarkan adanya kecelakaan tersebut, proses pencarian pun saat ini sedang dilakukan.

BACA JUGA: Dadang Supriatna dan Ali Syakieb Paparkan Visi Misi setelah Daftar ke KPU Kabupaten Bandung, Janji Lanjutkan 13 Program Unggulan

“Kantor SAR Bandung menerima informasi dari BCC (Basarnas Command Center), bahwa terdapat laporan terkait musibah yang terjadi di Situ Cileunca, Pangalengan Kabupaten Bandung,” katanya kepada Jabar Ekspres melalui seluler, Kamis (29/8).

Adip menjelaskan, laporan yang diterimanya itu, kapal perahu wisata Wara-Wiri terbalik di Situ Cileunca saat kejadian sedang mengangkut 9 wisatawan dan 1 motoris.

“POB (person on board/orang di kapal) 9 org wisatawan dan 1 motoris tanpa alat apung dan keselamatan, jarak dari tepian danau kurang lebih 50 meter,” jelasnya.

BACA JUGA: Baju Hansip Melekat pada Paslon Farhan-Erwin saat Deklarasi, Begini Maknanya!

Adip menerangkan, ketika 10 orang tersebut jatuh dari perahu, 2 orang berhasil menyelamatkan diri ke sisi danau. Akan tetapi dikabarkan 5 orang panik dan akhirnya tenggelam.

“Lalu sisanya 3 orang termasuk motoris, bertahan pada potongan perahu dan benda apung di sekitar perahu,” terangnya.

Adip mengungkapkan, usai menerima laporan peristiwa 10 orang terjatuh dari perahu di Situ Cileunca, pihaknya langsung melaksanakan koordinasi dan validasi informasi ke Polsek Pangalengan.

BACA JUGA: Pemkot Cimahi Targetkan Partisipasi Pemilih 90 Persen di Pilkada 2024

“Kantor SAR Bandung memberangkatkan satu tim rescue dari Tim Siaga SAR Khusus PON Cabang Dayung di Situ Datar (Tim Alpha), sekitar pukul 8.07 WIB,” ungkapnya.

Selanjutnya, ujar Adip, Kantor SAR Bandung mengirimkan satu tim rescue kedua (Tim Bravo), dengan tim keposkoan untuk melaksanakan operasi SAR menyusul tim aju dari Siaga SAR Khusus PON Cabang Dayung di Situ Datar.

“Tim Alpha berhasil melaksanakan penanganan terhadap 2 korban yang berhasil menyelamatkan diri ke pinggir danau,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan