Arti Verif MS dan TMS Bagi Pelamar CPNS 2024, Tanda Lolos Tidaknya Seleksi Administrasi?

Pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat memiliki hak untuk mengajukan sanggah dalam waktu 3 hari setelah pengumuman hasil seleksi.

Sanggahan dapat diajukan jika pelamar merasa ada kesalahan dalam hasil verifikasi yang dilakukan oleh instansi, dengan syarat kesalahan tersebut bukan disebabkan oleh pelamar.

Periode pengajuan sanggah dapat dilihat di bawah tombol “Ajukan Sanggah”.

Perlu dicatat bahwa fitur “Ajukan Sanggah” tidak dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat oleh pelamar sendiri.

Alasan yang diajukan dalam sanggah harus benar, realistis, dan berdasarkan dokumen yang telah diunggah sebelumnya. Jika pelamar menyadari adanya kesalahan, disarankan untuk tidak menggunakan fitur ini, karena tidak akan mengubah hasil verifikasi.

Alasan sanggah harus sesuai dengan dokumen yang sebenarnya, dan jika isian yang diajukan tidak sesuai, pelamar akan menanggung konsekuensi hukumnya. Pelamar yang dinyatakan TMS dapat memilih tombol “Ajukan Sanggah”.

BACA JUGA: Mudah, Cara Cek Jumlah Pelamar CPNS 2024 dari BKN, Ini 12 Instansi Sepi Peminat

Cara Cek Status MS atau TMS Seleksi CPNS 2024

Menurut Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2024, hasil seleksi administrasi akan ditampilkan di akun masing-masing pelamar.

Pelamar diharapkan untuk secara rutin memantau akun mereka dan mengikuti pengumuman melalui saluran informasi resmi dari instansi yang dilamar.

Berikut jadwal pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2024:

  • Pendaftaran Seleksi: 20 Agustus s.d. 6 September 2024
  • Seleksi Administrasi: 20 Agustus s.d. 13 September 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 14 s.d. 17 September 2024
  • Konfirmasi Penggunaan Nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Tahun Anggaran 2023 oleh Peserta Seleksi: 18 s.d 28 September 2024
  • Masa Sanggah: 18 s.d. 20 September 2024
  • Jawab Sanggah: 18 s.d. 22 September 2024
  • Pengumuman Pasca Masa Sanggah: 21 s.d. 27 September 2024

BACA JUGA: Belum Ada Ijazah, Pakai SKL Daftar CPNS DKI Jakarta 2024 Apakah Boleh? Ini Infonya

Oleh karena itu, pelamar disarankan untuk tidak terburu-buru dalam mengunggah dokumen dan memastikan setiap ketentuan dipatuhi.

Pastikan untuk memeriksa kembali semua persyaratan umum, ketentuan dokumen, persyaratan khusus dari instansi, serta cek kesalahan pengisian yang dapat mengakibatkan status tidak memenuhi syarat atau gagal dalam seleksi administrasi CPNS.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan