Festival Merah Putih, PFI Bogor Gelar Workshop Citizen Journalism

“Selain workshop juga ada lomba foto yang telah berjalan sebelumnya. Tinggal pengumuman pemenangnya besok usai workshop. Kami juga menggelar pameran foto FMP dari masa ke masa di BTM lantai 3 dan sudah berjalan satu pekan. Itu semua rangkaiam kegiatan fotografi yang diadakan FMP dan PFI Bogor,” jelasnya.

BACA JUGA:AC Milan Harus Telan Kekalahan 1-2 di Kandang Tim Promosi Parma

Sementara, Ketua PFI Bogor, Andi M Ridwan menambahkan, terdapat beberapa kaidah yang mesti dipahami masyarakat ketika menjadi bagian dari citizen journalism yang membagikan konten ke media sosial.

Andi menuturkan, penyampaian informasi berita dalam bentuk foto atau video yang dibuat citizen journalism kerap kali menerobos aturan yang ditegakkan dalam aturan broadcasting sehingga hal tersebut berakibat tersebarnya berita hoax karena akurasi datanya kurang akurat.

Hal ini tentu berbeda dengan jurnalis profesional yang memproduksi berita sesuai data dan fakta secara aktual dan faktual.

“Dalam workshop ini kami sampaikan kaidah, kode etik serta dari sisi hukum yang harus dipahami dalam menyebarkan informasi baik berupa foto maupun video di media sosial. Ini penting agar masyarakat tidak salah langkah dan terjerat hukum ITE,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan