Pemkot Cimahi Bakal Sulap 3 Ruas Jalan Menjadi Seperti Kawasan Braga Bandung

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi saat ini tengah melakukan penataan besar-besaran pada tiga ruas jalan di sekitar Alun-alun Cimahi. Proyek ini mencakup Jalan Kaum, Jalan Ria, dan Jalan Sekolahan, yang akan dilapisi dengan batu andesit, menjadikannya mirip dengan Jalan Braga di Kota Bandung.

“Itu sudah lama direncanakan dan kita ingin jadikan jalan yang nyaman dan artistik,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, belum lama ini.

Ketiga ruas jalan ini direncanakan menjadi ikon baru bagi Kota Cimahi, mendukung penataan Alun-alun Cimahi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Cara Mudah Kompres Foto Jadi 200 Kb untuk Pendaftaran Akun CPNS 2024 di SSCASN

Dicky berharap bahwa penataan ini akan memperkuat daya tarik kawasan tersebut, membuatnya lebih estetis dan nyaman bagi pengunjung.

“Kita ingin membuat jalan ini mirip seperti Jalan Braga di Kota Bandung, dan permukaan jalannya akan dilapisi dengan batu andesit,” tuturnya.

Selain itu, Pemkot Cimahi juga berencana untuk menata Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di kawasan Alun-alun, agar lebih tertib dan teratur. Ini dilakukan untuk mendukung keselarasan estetika dan kenyamanan di kawasan tersebut.

BACA JUGA: Lirik dan Makna Lagu WILDFLOWER – Billie Eilish, Tentang Hubungan Cinta yang Rumit

“Arahnya seperti itu (mirip Jalan Braga). Ini bisa jadi jalan ikonik di sekitar Alun-alun Cimahi. Lalu, PKL juga nanti akan kita lakukan penataan,” jelas Dicky.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah, menambahkan bahwa penataan ini menelan anggaran sebesar Rp 6 miliar. Proyek ini mencakup panjang total 300 meter, dengan target penyelesaian pada Desember 2024.

“Panjang jalannya sekitar 100 meter di setiap ruas jalan, jadi total 300 meter. Anggarannya Rp 6 miliar, yang sudah berjalan itu Jalan Ria dan Jalan Kaum, sisanya sedang ditenderkan,” kata Wilman.

BACA JUGA: Dorong Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan, GM PLN UID Jabar Raih Penghargaan Industry Marketing Champion

Penataan ini diharapkan dapat selesai sesuai target dan memberikan perubahan signifikan pada tampilan dan fungsi kawasan Alun-alun Cimahi. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan