Pekan Olahraga Santri, Bey Machmudin: Wahana Pembinaan Karakter Disiplin Santri

JABAR EKSPRES — Ratusan santri akan berlaga pada event Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) Jawa Barat 2024 di Kota Sukabumi, 20 – 22 Agustus 2024.

Terdapat tiga cabang olahraga yang dilombakan di antaranya atletik, senam santri, dan silat.

Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin menyaksikan pembukaan Pospeda di Lapangan Merdeka, Jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Selasa (20/8/2024) sore.

Menurut Bey, Pospeda bukan sekadar ajang kompetisi olahraga dan seni tetapi juga merupakan wahana pembinaan karakter disiplin, sekaligus memupuk kebersamaan diantara para santri.

“Ini akan menjadi pengalaman berharga bagi para santri,” ujar Bey Machmudin.

Juara umum pada helatan tiga tahunan akan dikirim ke Pekan Olah Raga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) 2025.

“Pospeda diselenggarakan tiga tahun sekali, ini sangat baik untuk pesantren di Jawa Barat, karenanya kita berharap akan terus bergulir secara rutin,” tutur Bey.

Pada kesempatan itu, Bey Machmudin juga berpesan kepada para santri agar menjunjung tinggi fair play dan menjadikan event ini sebagai sarana silaturahmi antarsantri di Jabar.

“Saya juga berpesan kepada para peserta untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam setiap kompetisi jadikan waspada sebagai kesempatan untuk belajar berlatih dan mempererat tali silaturahmi,” kata Bey.

BACA JUGA: Bali Blockchain Summit, Herman Suryatman: Blockchain di Pemerintahan Hadirkan Kesejahteraan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam mengatakan, para santri yang hadir pada event ini merupakan yang teruji dan terpilih.

“Kegiatan Pospeda ini berlangsung bertepatan tiga hari setelah kemerdekaan Republik Indonesia, ini mengingatkan bahwa 79 tahun ke belakang KH Hasyim Asy’ari menggelorakan Resolusi Jihad untuk kemerdekaan Indonesia,” kata Ajam.

Ajam menyampaikan, santri -santri Jawa Barat sudah mempertahankan dua kali Juara pada Pospenas 2019 dan 2022.

“Harapan kami mudah-mudahan Pospenas tahun yang akan datang insyaallah tempat dan waktunya akan diinformasikan, kemudian bahwa santri-santri Jawa Barat bisa mempertahankan gelar juara umum,” ucapnya.

Penjabat Wali Kota SukabumibKusmana Hartadji mengungkap pelaksanaan Pospeda 2024 membawa dampak ekonomi yang cukup signifikan bagi wilayahnya.b

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan