3 Rumah di KBB Hangus Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

JABAR EKSPRES  – Kebakaran hebat melanda kawasan padat penduduk di Kampung Neglajaya, Desa Tagog Apu, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Akibatnya, tiga rumah semi permanen hangus terbakar pada Rabu (21/8/2024).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung Barat, Siti Aminah Anshoriah mengatakan, pihaknya menerima laporan peristiwa kebakaran sekitar pukul 06.40 WIB. Setelah itu anggota langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penanganan pemadaman api.

“Sekira pukul 07.00 WIB petugas tiba dilokasi dan langsung melakukan pemadaman api dan pendinginan. Untuk sementara peristiwa tersebut diduga akibat konsleting listrik,” ujar Siti saat dikonfirmasi.

BACA JUGA: Elektabilitas Juwanda Meroket Salip Asmul dan Farhan

Selain melibatkan petugas kebakaran KBB, pemadaman api juga melibatkan warga sekitar. Damkar juga meluncurkan alat bantu berupa Fire Truck dab Watter Supply. Sampai akhirnya api berhasil dipadamkan pada pukul 08:00 WIB.

“Setibanya di lokasi, petugas melakukan proses pemadaman dan pendinginan, dilanjutkan dengan proses pendataan dan Sosialisasi bahaya kebakaran,” ujarnya.

Berdasarkan data dari petugas di lapangan, area bangunan yang terbakar seluas 126 meter persegi dari total keseluruhan 168 meter persegi. Dari tiga rumah yang terbakar diketahui terdapat 5 kartu keluarga (KK) dengan total 15 jiwa. “Sedangkan luas area yang berhasil diselamatkan 42 meter persegi,” ujarnya.

Dijelas Siti penyebab kebakaran tiga rumah milik Ica solihin, Usman dan Karnaripandi diduga akibat konsleting listrik dari salah satu rumah. Tak berselang lama api merembet ke bangunan rumah yang ada disebelahnya.

“Berdasarkan keterangan dari pemilik rumah penyebab kebakaran di duga dari konsleting listrik. Objek yang terbakar bangun tempat tinggal di sebelah kanan, lalu bangunan sebelah kirinya dan bangunan di sebelah belakang,” ujar Siti Aminah.

Meskipun tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun dikatakan Siti kerugian ditaksir mencapai Rp 200 juta.

“Jika dihitung jumlah kerugian dari tiga rumah yang terbakar ini kurang lebih Rp 200 juta. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan