Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Polda Jabar Kerahkan 19 Ribu Petugas Gabungan

JABAR EKSPRES – 19 ribu lebih petugas gabungan yang meliputi unsur Polri, TNI, hingga Linmas mulai disiagakan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) melalui Operasi Mantap Praja 2024. Hal ini dilakukan dalam 118 hari kedepan, dalam rangka  pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024

“Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak yang akan kita laksanakan selama 118 hari, mulai dari tanggal 21 Agustus (besok) sampai dengan tanggal 16 desember 2024 (nanti),” ucapnya usai apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2024 di Jl Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (20/8).

Jules menjelaskan, melalui operasi ini, nantinya para petugas gabungan akan fokus kepada pengamanan jalannya proses Pilkada Serentak di Jabar. Sebab berdasarkan data yang dimilikinya, dalam pelaksana pilkada kali ini terdapat 285 tempat pemungutan suara (TPS) yang masuk kedalam kategori rawan.

BACA JUGA: Ratusan Juta Melayang, Artis Cut Cynthiara Alona Laporkan Anggota Partai ke Polisi

“Kita akan mengamankan 1 wilayah provinsi, 9 wilayah Kota, dan 18 wilayah Kabupaten, dengan mengamankan sebanyak Pemilih 30 juta lebih jumlah Pemilih ini yang ada di wilayah hukum Polda Jabar. Selain itu, kita juga akan mengamankan sebanyak 62.181 ribu TPS, yang dimana 63 TPS diantaranya masuk kedalam kategori sangat rawan, 285 rawan, dan kurang rawan ada 61.800,” ungkapnya

Jules menuturkan pihaknya khusunya unsur Polri akan terus bekerja secara maksimal agar pelaksanaan pilkada serentak di Jabar dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif.

“Jadi secara keseluruhan Polri mengerahkan sebanyak 19.752 personil (gabungan) yang terdiri dari personel Polda Jabar dan Polres-polres se- Jabar, kemudian, dari TNI ada kurang lebih 9.897 personel, dan linmas 236.624 personel,” pungkasnya.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan