Kirab Merah Putih Sepanjang 200 Meter Warnai Jalan Protokol di Kota Bogor

JABAR EKSPRES – Meriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Festival Merah Putih (FMP) Kota Bogor kembali menggelar acara kirab Merah Putih pada Minggu, 18 Agustus 2024.

Bendera Merah Putih sepanjang 200 meter dikibarkan oleh berbagai elemen mulai dari TNI-Polri hingga pelajar di Kota Bogor. Bendera raksasa itu diarak sejauh 3,5 kilometer di jalan utama Kota Bogor.

“Acara hari ini merupakan bagian dari festival Merah Putih ke-9, sepanjang bulan Agustus festival Merah Putih dilaksanakan di Kota Bogor. Kirab Merah Putih sepanjang 200 meter ini diusung oleh seluruh stakeholder di Kota Bogor termasuk TNI, Polri, dan masyarakat,” ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Herry Antasari saat ditemui Jabar Ekspres di sela-sela kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Ngajak Debat Jeje Govinda, Gilang Dirga Sebut Ingin Tepis Stigma Masyarakat Tentang Imej Artis di Pilkada Bandung Barat

Kirab Merah Putih menjadi bagian dari peringatan HUT ke-79 RI yang diharapkan dapat memperkuat rasa kebersamaan dan nasionalisme.

Herry Antasari juga menyampaikan, bahwa lebih dari 3.000 orang turut serta dalam Festival Merah Putih tersebut.

“Festival Merah Putih ini diinisiasi oleh masyarakat, teman-teman Bogor Sahabat. Kami di pemerintah, TNI, dan Polri sangat mendukung acara ini, karena dianggap sangat positif dalam rangka memeriahkan HUT RI serta memupuk semangat kebersamaan dan nasionalisme,” tuturnya.

BACA JUGA: Peringati HUT ke-79 RI, Nuansa Merah Putih Hiasi SPBU Gadobangkong KBB

Menurutnya, perhelatan kirab bendera Merah Putih tersebut merupakan satu-satunya kegiatan unik di Indonesia.

Ribuan warga terlihat antusias ikut serta dalam kirab bendera Merah Putih sepanjang 200 meter tersebut.

Mereka dengan penuh semangat mengangkat dan membawa bendera tersebut menuju titik akhir kirab.

BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata Paling Populer di Sumedang Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Terdapat dua kain bendera yang diarak dalam kirab Merah Putih Kota Bogor 2024, masing-masing memiliki panjang 100 meter.

“Partisipan yang terlibat cukup banyak, dari Bogor Sahabat sendiri ada sekitar 2.000 orang, belum lagi gabungan dari TNI-Polri dan Pemerintah Kota Bogor sekitar 500 hingga 1.000 personel. Kami melihat banyak sekali orang yang turut serta dalam acara hari ini,” jelas Hery.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan