7 Destinasi Wisata Desa Paling Indah di Jawa Barat yang Cocok untuk Liburan

Terletak pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar danau, serta hamparan perkebunan teh yang hijau. Fasilitas camping ground tersedia bagi kamu yang ingin berkemah di alam terbuka. Selain itu, tersedia juga tempat makan, mushola, toilet umum, dan area Wi-Fi.

Desa Situ Cangkuang, Kabupaten Garut

Desa Situ Cangkuang di Kabupaten Garut terkenal dengan peninggalan cagar budaya berupa Candi Cangkuang serta danau yang indah bernama Situ Cangkuang. Desa wisata ini menawarkan berbagai wahana rekreasi air seperti berkeliling danau dengan perahu naga, rakit, atau perahu angsa. Fasilitas yang tersedia antara lain tempat makan, pasar wisata, mushola, pusat informasi wisatawan, dan toilet umum.

Selain itu, pengunjung dapat membeli souvenir kreatif seperti kerajinan tangan dari kayu, miniatur rakit, dan sketsa wajah dari bambu hitam sebagai kenang-kenangan.

Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut

Desa Saung Ciburial di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, merupakan salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. Desa ini dulunya merupakan desa tertinggal yang berhasil dikembangkan menjadi desa wisata dengan tema ekowisata dan wisata edukasi.

Desa ini menawarkan pengalaman belajar yang unik, seperti bercocok tanam dan pengolahan hasil pertanian. Fasilitas yang tersedia mencakup homestay, camping ground, mushola, dan tempat makan. Pengunjung juga bisa menikmati kegiatan-kegiatan tradisional yang diselenggarakan di desa ini.

Desa Baros, Kabupaten Bandung

Desa Baros di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, menawarkan pesona alam berupa hutan pinus yang rindang, Sungai Citalutuk, dan area persawahan yang luas. Desa ini sangat mudah diakses dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini antara lain berkemah, berfoto di spot-spot menarik, serta menikmati hidangan khas desa. Dengan udara yang sejuk dan alam yang asri, Desa Baros adalah pilihan yang tepat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Desa Cisande, Kabupaten Sukabumi

Desa Cisande di Kabupaten Sukabumi masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Desa ini menawarkan panorama persawahan yang luas dan agrowisata yang memanfaatkan potensi alam dan budaya setempat. Pengunjung dapat mengikuti kegiatan edukasi pertanian, wisata kuliner liwet Sunda, susur sungai, hingga outbound seperti flying fox dan panahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan