Semarak HUT ke-79 RI di Kabupaten Bandung, Bupati: Kita Harus Bersyukur

JABAR EKSPRES – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Bandung berlangsung meriah di Lapangan Upakarti, Komplek Pemkab Bandung, Soreang pada Sabtu (17/8/2024). Ribuan warga, pejabat, dan ASN memadati lokasi untuk mengikuti acara yang khidmat dan penuh semangat.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna, yang bertindak sebagai inspektur upacara, memulai acara dengan mengibarkan bendera Merah Putih. Ia tampil mengenakan pakaian adat, menambah nuansa budaya pada peringatan tahun ini.

“Sebagai warga negara, kita patut bersyukur atas kemerdekaan ini. Proklamasi Kemerdekaan bukan hanya pencapaian, tapi juga awal dari usaha kita membangun bangsa,” ujar Dadang.

Upacara ini juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Bandung, TNI, Polri, anggota DPRD, serta berbagai elemen masyarakat.

Mereka semua mengenakan pakaian adat, serta menonjolkan keanekaragaman budaya Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Selain upacara, Dadang juga menyerahkan berbagai penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Dadang juga menekankan pentingnya semangat kemerdekaan untuk mendorong kemajuan.

“Hari ini adalah saat yang tepat untuk meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air,” tambahnya.

Tak hanya itu, Dadang juga menyampaikan pencapaian dan program prioritas selama masa jabatannya.

“Kita harus bersyukur atas kemerdekaan yang telah kita raih. Selama ini, kami telah menjalankan 13 program prioritas, termasuk insentif untuk guru ngaji, pinjaman modal bergulir, dan peningkatan asuransi bagi petani,” ujar Dadang.

Selain itu, Dadang juga menyoroti beberapa capaian penting terkait tingkat kemiskinan ekstrem yang berhasil turun dari 1,48 persen menjadi 1,23 persen.

“Ini adalah hasil dari kerja keras semua pihak,” katanya.

Dalam bidang kesehatan, ia melaporkan cakupan Universal Health Coverage (UHC) mencapai 99,57 persen pada tahun 2023. Di sektor pendidikan, beliau mencatat peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan angka harapan hidup.

“Kami terus berusaha meningkatkan IPM dan angka harapan hidup untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Pun dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Dadang mensosialisasikan jika Pilkada Serentak Nasional pada 27 November 2024 dan masyarakat ikut menggunakan hak pilihnya.

“Mari gunakan momentum HUT Kemerdekaan RI ini untuk memperkuat tekad kita menuju Indonesia yang lebih baik dan maju,” pungkasnya.

Writer: Agni Ilman Darmawan

Tinggalkan Balasan