Kolaborasi Wujudkan UMKM yang Kuat dan Maju

JABAR EKSPRES – Memperingati Hari UMKM Nasional, menjadi visi dan semangat bergerak bagi seluruh pelaku maupun pemangku kepentingan (stakeholders) untuk mewujudkan UMKM yang kuat dan maju menuju bangsa yang berdaulat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat Rachmat Taufik Garsadi saat kegiatan Bazar UMKM, Kota Bandung, Selasa (13/8/2024).

“Melalui Hari Nasional UMKM ini, saya ingin mendorong seluruh stakeholder mulai dari pemerintah, lembaga keuangan, dan asosiasi untuk mewujudkan UMKM Juara dengan percepatan UMKM Go Digital melalui kebijakan nasional ekonomi digital agar digitalisasi ekonomi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi produsen dalam negeri,” kata Taufik.

Dalam perayaan hari UMKM Nasional tahun ini, pihaknya membuka tempat kreatif bagi UKM, yang dapat digunakan untuk UKM saling bersosialisasi, menambah ilmu, hingga memanfaatkan fasilitas bimbingan Dinas Koperasi dan UKM (DISKUKM) Provinsi Jawa Barat dan seluruh partner yang terlibat.

Salah satunya adalah kerjasama dengan Ninja Xpress yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing (UKM) melalui penyediaan layanan logistik, yang terpercaya dan layanan pendukung foto dan video produk di ruangan milik DISKUKM Provinsi Jawa Barat.

Ruangan tersebut dirancang secara khusus untuk membantu UKM memaksimalkan potensi pemasaran digital mereka. Taufik menyebut, dengan mendukung pelaku UKM di Jawa Barat melalui layanan foto dan video produk yang disediakan di kantor DISKUKM Provinsi Jawa Barat diharapkan dapat membantu meningkatkan daya tarik produk UKM.

“Sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Dengan kerjasama ini, kami berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta memajukan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan, menurut data pengiriman Ninja Xpress, provinsi Jawa Barat masuk dalam tiga besar untuk jumlah dengan SLA mencapai lebih dari 99 persen.

“Oleh karena itu, kami percaya bahwa UKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Melalui kerjasama dengan DISKUKM Provinsi Jawa Barat, kami ingin memberikan solusi nyata yang dapat membantu pelaku UKM meningkatkan kualitas tampilan produk mereka,” ujarnya.

Head of Public Relations Ninja Xpress Ribka Pratiwi menyampaikan bahwa pihaknya membidik Jawa Barat sesuai dengan data logistik, salah satu top 3 daerah dengan pengirim paket terbanyak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan