Mampu Tumbuhkan Patriotisme, Dandim 0606/Kota Bogor Apresiasi Kegiatan Penaikan dan Penurunan Bendera Merah Putih di Tugu Kujang

JABAR EKSPRES – Sepanjang bulan Agustus ini, terdapat belasan kegiatan yang masuk dalam rangkaian Festival Merah Putih (FMP) 2024, salah satunya penaikan dan penurunan Sang Saka Merah Putih di pelataran Tugu Kujang, Kota Bogor.

Elemen masyarakat mulai dari OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, swasta, organisasi, dan komunitas hingga pelajar secara bergantian terlibat dalam prosesi tersebut.

Seperti para pelajar dari SMP Bina Putera Kota Bogor yang mendapatkan giliran mengibarkan Bendera Merah Putih pada Senin, 8 Agustus 2024.

Prosesi penaikan Bendera Merah Putih di Tugu Kujang tiap harinya berlangsung khidmat dan penuh semangat kebangsaan.

Hal tersebut menunjukkan adanya semangat gotong royong dan kebersamaan masih sangat kuat di Kota Bogor.

Dandim 0606/Kota Bogor, Kol. Inf. Fikri Ferdian mengapresiasi kegiatan penaikan bendera Merah Putih di Tugu Kujang yang tiap hari dilaksanakan dalam rangkaian FMP tersebut.

Menurutnya, kegiatan itu dapat menumbuhkan dan memupuk rasa cinta tanah air, bangsa serta membangun rasa patriotisme, apalagi pelaksananya berasal dari pelajar.

Bahkan, sambung dia, Kota Bogor serta masyarakatnya harus berbangga karena kegiatan penaikan dan penurunan bendera Merah Putih seperti yang dilakukan saat ini tidak ada di kota atau daerah lain.

“Dilaksanakan tiap hari ditempat umum, bukan di sekolah atau lembaga. Bagus, ini kegiatan yang harus tetap dilakukan khusus untuk pelajar sebagai generasi muda,” kata Fikri saat hadir dalam kegiatan upacara pengibaran bendera tersebut.

“Karena ampu memupuk rasa cinta tanah air, jadi untuk adik-adik dari SMP Bina Putera Kota Bogor harus bangga terlibat dalam kegiatan ini,” imbuhnya.

Perwira lulusan Akmil 99 ini juga mengapresiasi jajaran Panitia FMP 2024 yang sudah berkomitmen sejak beberapa tahun lalu menggelar kegiatan serupa dalam menyambut Hari Kebangsaan Republik Indonesia di 17 Agustus mendatang.

Ketua Panitia FMP 2024, Hendryanto Liebrata mengaku bersyukur atas dukungan dan antusias seluruh pihak khususnya jajaran Forkopimda Kota Bogor terhadap kegiatan penaikan dan penurunan Bendera Merah Putih di Tugu Kujang.

“Hadirnya pimpinan di Kota Bogor, tokoh di Penaikan dan Penurunan Bendera di Tugu Kujang ini bukti bahwa semangat persatuan, semangat nasionalisme masih menjadi kekuatan utama bangsa,” ungkap Akeng, sapaannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan